Cuaca Laut Ekstrem, Sejumlah Pelayaran ke Kepulauan Sumenep Dihentikan

Foto: ilustrasi google
1509
ad

MEMOonline.co.id, Sumenep – Gara-gara terjadi cuaca ekstrem dan ombak tinggi yang melanda Perairan Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, aktivitas pelayaran ke sejumlah kepulauan di wilayah Kabupaten Sumenep, untuk sementara waktu dihentikan.

Hal itu dikarenakan ketinggian ombak di perairan Sumenep saat ini, mencapai 4 meter. Sehingga apabila aktivitas pelayaran tidak dihentikan, akan sangat membahayakan bagi keselamatan penumpang.

Informasi yang dihimpun media ini, salah satu armada yang tidak melakukan trayek untuk rute Pelabuhan Kalianget-Pulau Sapeken, dan Kalianget-Kangean adalah kapal Dharma Bahari Sumekar (DBS) I.

"Demi keselamatan pelayaran maka pada hari Minggu 30 Desember 2018 maka KM Dharma Bahari Sumekar I off meninggalkan  jadwal," tulis dalam surat pemberitahuan dadi Manajemen PT Sumekar sebagaimana yang tersiar di Group BMKG Kalianget.

Sesuai informasi dari BMKG Maritim Perak dan surat edaran dari KSOP Kalianget, tinggi gelombang di perairan Kangean mencapai 4 meter. "Dan angin sangat kencang," tulis dalam surat tersebut.

Dalam surat tertanggal 29 Desember 2018 itu KM DBS I belum memutuskan kapan akan melakukan pelayaran kembali. "Pemberangkatan selanjutnya menunggu cuaca kondusif / membaik," tulisnya lagi.

Sementara itu Kepala BMKG Kalianget Sumenep, Usman Kholid dalam rilisnya di Grup WA BMKG Kalianget menyatakan hari ini akan terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat berpotensi terjadi di sebagian besar wilayah perairan Jawa Timur.

Sementara arah angin dominan dari Barat - Barat Laut, kec. angin maksimum di Laut Jawa 28 knots (52 km/jam) dan S. Hindia selatan Jatim sebesar 30 knots (56 km/jam).

"Tinggi gelombang di L. Jawa bagian timur antara 1.5 - 3.5 m, di Selat Madura antara 0.3 - 0.8 m dan di S. Hindia selatan Jatim antara 2.0 - 4.0 m," katanya.

Oleh karena itu pihaknya mengimbau selalu waspada tinggi gelombang lebih dari 3.0 m di Laut Jawa bagian timur, Perairan Masalembu, Perairan Bawean, Perairan Utara Jatim serta lebih dari 3.5 m di Perairan sebelah selatan Jatim. (Ita/diens)

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Sampang- M Inisial, seorang mucikari asal desa Taddan, Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur ditangkap jajaran...

Bersama ini saya ijin menyampaikan keluhan masyarakat sekitar pasar induk Cibitung Kabupaten Bekasi, bahwa sudah lebih dari 3 bulan sampah di...

MEMOonline.co.id, Kota Bekasi- Silaturahmi Pemerintah Kota Bekasi bersama para insan pers di Pendopo Walikota Bekasi diawali dengan acara buka puasa...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Potret kurang matangnya tata kelola kesenian di Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur menjadi pengantar diskusi hangat...

MEMOonline.co.id, Sampang- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sampang menggelar rapat paripurna dengan acara nota penjelasan bupati...

Komentar