Hari Jadi ke-68 Tahun ; Membangun Kabupaten Bekasi Semakin Bersinar

Stadion Wibawa Mukti Yang Menjadi Kebanggaan Masyarakat Bekasi
1497
ad

MEMOonline.co.id, Bekasi - Cikarang Pusat - Bekasi terus bertumbuh dan berkembang. Pada Desember 2017, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bekasi menyebutkan, Kabupaten Bekasi merupakan wilayah pertumbuhan ekonomi baru yang memiliki berbagai nilai lebih.

Kemandirian kabupaten ini membuatnya menjelma sebagai mitra bagi wilayah-wilayah di sekitarnya. Kabupaten Bekasi tidak lagi sekadar menjadi wilayah penyangga.

Bekasi memang memiliki peran dan posisi cukup strategis; terletak pada jalur ekonomi penting, yang menghubungkan Ibu Kota RI, Jakarta, dengan wilayah-wilayah di bagian timur Pulau Jawa. Selain itu, Kabupaten Bekasi sendiri memiliki wilayah industri yang termasuk terbesar di Asia Tenggara.

Karena itulah, selain untuk melayani mobilitas masyarakat dan memperlancar geliat ekonomi, termasuk distribusi sektor pertanian dan perkebunan, insfrastruktur transportasi menjadi salah satu fokus pembangunan yang utama. Tujuannya adalah untuk menciptakan sistem yang handal, terpadu, dan efisien.

Pada beberapa tahun terakhir ini telah dilakukan sejumlah langkah nyata. Underpass Tambun Selatan dengan lebar terowongan 22 meter dan panjang 162 meter dengan empat jalur dibangun. Terowongan itu dimaksudkan  untuk mengurai kemacetan yang telah lama terjadi di daerah Tambun.

Rel kereta Double Double Track (DDT) Manggarai-Cikarang juga dibangun. Panjangnya 34,14 kilometer dan diperkirakan selesai pada tahun 2018. Sementara itu,  guna mendukung operasi KRL lintas Bekasi-Cikarang, Stasiun Cikarang didirikan.

Adapun prasarana kereta api lintas Bekasi-Cikarang adalah hasil kerja sama antara Indonesia dan Pemerintah Jepang, melalui kontrak yang ditandatangani pada 2012 dengan nilai Rp. 2,3 triliun.

Sementara itu, fasilitas layanan kesehatan diperkuat dengan pembangunan Rumah Sakit Umum Cabangbungin. Tujuannya untuk memudahkan masyarakat di wilayah Bekasi bagian utara dalam mendapatkan pelayanan kesehatan.

Dalam bidang perumahan, Kabupaten Bekasi telah melaksanakan program Rutilahu (Rumah Tidak Layak Huni). Tujuannya untuk memberikan bantuan kepada masyarakat dalam bidang permukiman di berbagai kecamatan.

Selain catatan di atas, masih ada sejumlah rencana pembangunan baru yang sedang direncanakan atau sedang dalam proses pengerjaan. Di antaranya adalah Flyover Tegal Gede di kawasan Tegal Gede, Desa Pasir Sari, Kecamatan Cikarang Selatan. Sejak 2016, tiang-tiang pancangnya telah berdiri, sebagai awal dari rencana pembangunan flyover yang akan menghubungkan kawasan Kalimalang dengan Cikarang Selatan. Pengerjaan jembatannya sendiri dimulai pada 2017.

Pembangunan Kabupaten Bekasi terus menggeliat.


Di kawasan Pebayuran juga segera dibangun jembatan yang akan menghubungkan Kabupaten Bekasi dengan Rengasdengklok di Kabupaten Karawang. Selama ini, kedua kawasan tersebut dipisahkan oleh aliran Sungai Citarum, sehingga masyarakat menempuhnya dengan menggunakan jasa penyeberangan (perahu eretan). Dengan kehadiran jembatan, percepatan kemajuan ekonomi diharapkan dapat segera terlaksana.

Infrastruktur lain dalam bidang transportasi yang telah direncanakan adalah Underpass Cibitung. Dengan lebar 37 meter, dua jalur telah digagas dengan panjang mencapai 400 meter. Pembangunan underpass ini ditargetkan agar rampung pada 2019.

Dalam bidang kesehatan, rencana pembangunan sebuah Rumah Sakit Umum Tipe D telah dicanangkan. Selama ini di Kabupaten Bekasi, keberadaan fasilitas umum seperti rumah sakit belum sebanding dengan jumlah penduduk. Berdirinya sebuah RSUD diharapkan akan meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, khususnya yang tinggal di Kecamatan Babelan dan sekitarnya.

Geliat di bidang industri dan perdagangan saat ini ditunjang pula oleh bidang pariwisata. Kabupaten Bekasi memiliki sejumlah destinasi andalan yang turut membantu pertumbuhan ekonomi.

Di antaranya adalah wisata satwa. Seperti penangkaran buaya di Taman Buaya Indonesia, wisata rekreasi keluarga Go Wet Waterpark di Tambun, Transera Waterpark di Kecamatan Tarumajaya, Waterboom Lippo Cikarang.

Wisata sejarah seperti Saung Ranggon, Gedung Juang 45, Situs Buni, makam pahlawan KH Noer Ali. Wisata danau Situ Cibeureum, Situ Rawa Binong, wisata pantai kawasan Muaragembong, wisata seni dan budaya Batik Seraci Tarumajaya atau Batik Bekasi.

Wisata industri seperti kawasan Coca Cola Amatil. Di luar daerah-daerah tujuan andalan ini, masih banyak potensi lain dalam bidang pariwisata yang dapat ditingkatkan di Kabupaten Bekasi.

Sementara dalam bidang olahraga, Stadion Wibawa Mukti yang merupakan kebanggaan masyarakat Kabupaten Bekasi yang berdiri megah sejak 2014 kini didapuk menjadi salah satu venue penyelenggaraan olahraga terbesar se-Asia, yaitu Asian Games ke-18 Tahun 2018.

Stadion yang berkapasitas hampir 30.000 kursi kini telah dipugar sedemikian rupa seperti penggunaan rumput rumput jenis Zoysia Matrella Lin Mer seperti standar rumput yang dipakai pada event Piala Dunia Russia 2018.

Hal itu membuktikan keseriusan Pemkab Bekasi dalam membangun Kabupaten Bekasi, sebagaimana Visi Kabupaten Bekasi yaitu terwujudnya Kabupaten Bekasi ‘Semakin BERSINAR’ Tahun 2022.

Semoga cita-cita tersebut semakin dekat untuk dapat tercapai. Semoga Kabupaten Bekasi semakin bersinar di ulang tahunnya yang ke-68 tahun. (Bam/Diens).

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

Bersama ini saya ijin menyampaikan keluhan masyarakat sekitar pasar induk Cibitung Kabupaten Bekasi, bahwa sudah lebih dari 3 bulan sampah di...

MEMOonline.co.id, Kota Bekasi- Silaturahmi Pemerintah Kota Bekasi bersama para insan pers di Pendopo Walikota Bekasi diawali dengan acara buka puasa...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Potret kurang matangnya tata kelola kesenian di Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur menjadi pengantar diskusi hangat...

MEMOonline.co.id, Sampang- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sampang menggelar rapat paripurna dengan acara nota penjelasan bupati...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Bulan Suci Ramadhan 1445 Hijriyah dijadikan momentum untuk berbagi rasa oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten...

Komentar