Tak Kunjung Bentuk BK, Kinerja Pimpinan DPRD Sumenep Mulai Dipertanyakan

Photo : H Zainal Arifin Anggota DPRD Sumenep Dapil IV
1179
ad

MEMO online, Sumenep – Lantaran cukup lama kursi Badan Kehormatan (BK) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur kosong, kinerja Pimpinan DPRD Sumenep mulai dipertanyakan.

Pasalnya, sejak purna BK sebelumnya hingga berita ini ditulis, tidak ada kepastian kapan BK di DPRD Sumenep akan dibentuk.

"Jangankan Ketua BK,  BK saja sampai saat ini tidak ada. Terus mau dilaporkan kemana jika ada anggota Dewan yang melanggar kode etik kedewanan, kalau BK belum terbentuk," Kata H. Zainal Arifin, anggota DPRD asal Dapil IV.

Oleh sebab itu, pihaknya menilai belum terbentuknya BK sampai saat ini, karena kinerja Pimpinan Dewan lemot dan tidak becus dalam melaksankan tugasnya. Sehingga ketika ada pelanggaran anggota Dewan, tidak  bisa diperiksa.

"BK tidak akan pernah ada kalau kinerja Pimpinan Dewan terus lemmot,  atau jangan-jangan BK ini memang sengaja ditiadakan oleh Pimpinan, agar bila ada pelanggaran anggota dewan, tidak ada yang memeriksa," sesalnya.

Politisi PDI Perjuangan ini hanya tertawa ketika salah satu Pimpinan Dewan buka-bukaan terhadap media soal anggota Dewan yang tidak melakukan kunker namun SPPD-nya selalu ada, serta perjalanan dinasnya diambil.

"Itu kan bisa ditertawakan kucing, buka-bukaan kinerja Pimpinan Dewan sendiri pada akhirnya, bahwa mereka (Pimpinan Dewan red) lemmot, Kalau pimpinan tidak lemot seharusnya kan ada BK,  kan hanya tinggal kemauan Pimpinan kapan BK dipastikan," paparnya.

Sebelumnya, Hanafi wakil ketua DPRD setempat buka-bukaan soal anggota Dewan tidak melakukan kunker namun perdinnya diambil, bahkan ada yang mewakilkan dalam melakukan kunker.

Untuk diketahui BK DPRD dibentuk oleh Pimpinan atas rekomendasi dari beberapa Fraksi kemudian disahkan oleh Pimpinan Dewan pula, namun sayang sampai saat ini BK tidak terbentuk sehingga dinilai dibiarkan tidak ada kepastian. (Dani/diens)

 

 

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Sumenep- Bulan Suci Ramadhan 1445 Hijriyah dijadikan momentum untuk berbagi rasa oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten...

MEMOonline.co.id, Jember- Bupati Jember Hendy Siswanto melaksanakan program Jember Bershodaqoh (J-Bershodaqoh) di Kecamatan Balung yang meliputi 8...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, membagikan ilmu jurnalistik kepada puluhan...

MEMOonline.co.id, Padang- Hafiz Rahman Hakim atau yang lebih dikenal Hafiz adalah seorang travel content creator asal Indonesia yang lahir di...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Pembangunan Kantor baru gedung DPRD Sumenep, Madura, Jawa Timur, yang peletakan batu pertamanya dilkukan pada 21 Agustus...

Komentar