
MEMOonline.co.id, Sumenep- Tudingan miring terhadap kualitas pelayanan di RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep terbantahkan dengan hadirnya Instalasi Peduli Pelanggan (IPP), sebuah unit khusus yang mempermudah masyarakat dalam menyampaikan keluhan atau kendala saat berobat.
Direktur RSUD dr. H. Moh. Anwar, dr. Erliyati, M.Kes, melalui Kasi Informasi, Erfin Sukayati, menjelaskan bahwa layanan IPP telah lama tersedia dan berfungsi sebagai pusat bantuan bagi pasien. Lokasinya berada di sebelah timur IGD (Instalasi Gawat Darurat).
“IPP menjadi tempat bagi pasien untuk menyampaikan keluhan atau pertanyaan terkait pelayanan rumah sakit. Layanan ini hadir untuk membantu mengatasi kendala, baik dalam urusan administrasi maupun teknis pelayanan,” kata Erfin, Rabu (18/6/2025).
Erfin menambahkan, IPP juga telah terintegrasi dengan unit Pelayanan Informasi BPJS Kesehatan dan petugasnya telah mengantongi sertifikasi dari BNSP. “Pasien peserta JKN-KIS ataupun UHC tidak perlu khawatir, semua dapat difasilitasi oleh IPP,” ujarnya.
Menyesuaikan kebutuhan masyarakat, IPP tidak hanya tersedia di jam kerja, tapi juga bisa diakses lewat layanan telepon yang tersebar di seluruh unit pelayanan. Hal ini dimaksudkan agar masyarakat semakin mudah mendapatkan informasi serta merasa nyaman dengan pelayanan cepat dan responsif.
“Ini semua demi memberikan layanan terbaik bagi masyarakat. Kami senang bila masyarakat merasa puas dan terbantu,” imbuhnya.
Kenyamanan layanan IPP ini turut dirasakan oleh masyarakat. Salah satunya disampaikan oleh Sulaiman, warga Batang-batang Laok, Sumenep.
“Saya pribadi merasa sangat terbantu. Mulai dari pengurusan BPJS hingga petunjuk administrasi lainnya, semua dijelaskan dengan baik oleh petugas IPP. Tidak ada yang dipersulit,” ungkapnya.
Penulis : Alvian
Editor : Udiens
Publisher : Syafika Auliyak