Tindaki Lanjut Rencana Bus Trans Jatim Rute Surabaya-Bangkalan, FGD Digelar

Foto : FGD
1107
ad

MEMOonline.co.id, Bangkalan- Dinas Perhubungan Jawa Timur (Dishub Jatim) menggelar Forum Group Discussion (FGD) bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan dan stakeholder terkait. FGD tersebut sebagai tindak lanjut pengembangan operasional angkutan umum Trans Jatim Rute Surabaya-Bangkalan.

FGD yang dilaksanakan di Hotel Rose Bangkalan itu dihadiri secara langsung oleh Pj Bupati Bangkalan Dr. Arief M. Edie, Kepala Dishub Provinsi Jawa Timur Dr. Nyono, Pakar Transportasi Dr. Ir. Machsus, Dishub Bangkalan, UPT LLAJ Provinsi Jawa Timur, Ketua Organda Jawa Timur dan Bangkalan, serta pihak terkait lainnya.

Trans Jatim sendiri merupakan program Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang ditujukan untuk memberikan layanan transportasi umum yang layak dengan tarif terjangkau.

Dalam pemaparannya, Kepala Dishub Jawa Timur mengatakan, saat ini layanan Trans Jatim telah menghubungkan beberapa wilayah di Jawa Timur melalui 3 rute koridor yang telah beroperasi, plus koridor 4 rute Lamongan-Gresik yang akan dilaunching pada bulan Agustus 2024.

"Untuk pengoperasian Trans Jatim rute Bangkalan-Surabaya sendiri sebagai Koridor 5 akan kami launching pada bulan Oktober 2024," terangnya, Rabu (10/7).

Dalam penjelasannya, Nyono juga mengatakan bahwa untuk rute Koridor 5 Bangkalan-Surabaya akan disiapkan 15 unit armada bus.

"Tidak hanya itu, nantinya di koridor 5 dengan rute sepanjang 59 km, juga akan disiapkan 45 halte yang tersebar di wilayah Surabaya dan Bangkalan," jelasnya.

"Kami telah berkoordinasi dengan pihak Pemkab Bangkalan, di mana peletakan halte di wilayah Bangkalan akan ditempatkan di berbagai tempat strategis ekonomi dan wisata. Karena itu, rute bus Trans Jatim Koridor 5 ini juga bisa dijadikan sarana wisata religi," lanjutnya.

"Tarif yakni sebesar Rp 2.500 untuk pelajar dan Rp 5.000 untuk masyarakat umum yang dapat diakses melalui aplikasi Trans Jatim Ajaib maupun loket di terminal. Dengan tarif murah ini diharapkan mampu menjangkau seluruh lapisan masyarakat serta menarik minat masyarakat untuk menggunakan transportasi umum," lanjutnya.

Sementara itu Pj Bupati Bangkalan Arief M Edie mendukung penuh kehadiran rute Trans Jatim tersebut. Pihaknya bahkan menguji coba 3 bus trans Bangkalan yang melayani rute berdasarkan zona yakni rute Kamal-Socah-bangkalan, Tanjung Bumi-Sepulu-Klampis Arosbaya dan rute Galis-Blega-Tanah Merah-Burneh.

Menurutnya kehadiran Bus Trans Jatim ini sangat ditunggu oleh masyarakat, karena selain banyak masyarakat Bangkalan yang bekerja di Surabaya, juga akan menambah dampak perekonomian.

Penulis     :   Julian

Editor        :   Udiens

Publisher  :  Syafika Auliyak

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Lumajang- Agus Siswanto Plt. Kepala Dinas PU-TR Kabupaten Lumajang, memiliki kebiasaan tak seperti halnya pejabat/kepala dinas di...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Demi terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, khususnya dalam bidang pelayanan kesehatan, RSUD dr. H. Moh....

MEMOonline.co.id, Sumenep- Tuntasnya pembahasan KUA PPAS (Kebijakan Umum Anggaran Plafon Perioritas Anggaran Sementara) untuk Perubahan APBD 2024...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Sebelum purna tugas, Panitia Khusus (Pansus) III DPRD Kabupaten Sumenep telah sukses menyelesaikan pembahasan terhadap...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Fenomena tidak adanya sekolah di Pulau Gililabak mendapat sorotan dari anggota DPRD Kabupaten Sumenep, Jawa Timur....

Komentar