Pemkab Sumenep Gelar Festival Jaran Serek untuk Lestarikan Tradisi

Foto: Festival Jaran Serek untuk Lestarikan Tradisi
213
ad

MEMOonline.co.id, Sumenep- Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, menggelar Festival Jaran Serek demi melestarikan budaya lokal.

Acara ini, yang diadakan di Lapangan Giling Sumenep pada Minggu (19/05/2024), bekerja sama dengan Paguyuban Jaran Serek.

Festival Jaran Serek tahun 2024 ini dihadiri oleh Wakil Bupati Hj. Dewi Khalifa, Ketua DPRD Sumenep KH Hamid Ali Munir, Ketua Paguyuban Jaran Serek K. Rofiqi, para pejabat OPD, para camat, dan para peserta festival.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disbudporapar) Sumenep, Mohammad Iksan, menyatakan bahwa festival ini merupakan bagian dari kalender event 2024 Kabupaten Sumenep, sesuai dengan Keputusan Bupati Nomor 188 tahun 2024 tentang persiapan dan pelaksanaan kalender event 2024.

"Festival Jaran Serek merupakan budaya lokal masyarakat Kabupaten Sumenep yang patut kita lestarikan bersama," kata Mohammad Iksan.

Mohammad Iksan menambahkan bahwa festival ini bersifat pentahelix, yang melibatkan kerja sama antara pemerintah, dunia usaha, media, dan pihak-pihak lainnya.

"Kegiatan ini adalah bentuk perhatian Kabupaten Sumenep terhadap budaya asli lokal kita yang harus dipertahankan, serta wujud amanat UU Nomor 5 tahun 2017 tentang kemajuan kebudayaan di Kabupaten Sumenep," imbuhnya.

Festival Jaran Serek tahun 2024 diikuti oleh 60 peserta, dengan start dari Lapangan Giking dan finis di depan Labang Mesem Keraton Sumenep.

Wakil Bupati Sumenep, Hj. Dewi Khalifa, menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Sumenep wajib hadir dalam melestarikan kebudayaan lokal.

"Melalui kegiatan seperti ini, pemerintah memberikan edukasi tentang kesenian budaya kepada generasi muda," ujar Hj. Dewi Khalifa.

Nyai Eva, sapaan akrab Wakil Bupati, menambahkan bahwa kegiatan ini memberikan kebanggaan kepada pemuda Kabupaten Sumenep akan budaya leluhurnya.

"Kabupaten Sumenep yang kaya dengan beraneka ragam budaya dan tradisi, perlu ditransfer kepada generasi muda sebagai penerus, selain memberikan hiburan kepada masyarakat, juga sebagai edukasi dan pembelajaran," pungkasnya.

Penulis     :   Alvian

Editor        :   Udiens

Publisher  :  Syafika Auliyak

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Sumenep- Bupati Sumenep, Achmad Fauzi Wongsojudo, menerima penghargaan dari Gubernur Jawa Timur atas dukungan sinergi dan...

MEMOonline.co.id, Jember- Tidak ada tulang Jasad Manusia ataupun bekas pernah terjadi pemakaman di areal yang diduga sebagai makam Pahlawan 45...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Lembaga Seni Budaya Muslim Indonesia (Lesbumi) PCNU Sumenep akan kembali menyelenggarakan Festival Sapparan Budaya....

MEMOonline.co.id, Sumenep- Bupati Sumenep, Achmad Fauzi Wongsojudo, kembali meraih penghargaan dalam ajang "Satu Inspirasi" yang digelar oleh B...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Sejumlah bangunan dan gudang semi permanen di Dusun Ageng, Desa Pinggir Papas, Kecamatan Kalianget, Sumenep, Jawa Timur...

Komentar