Berkas Dukungan Lengkap, Dua Bakal Pasangan Calon Independen Pilkada Kota Malang Daftar ke KPU

Foto: Ketua KPU Kota Malang Aminah Asminigtyas (kedua kiri) pada saat menerima berkas persyaratan dukung bakal pasangan calon jalur perseorangan di Kota Malang.
175
ad

MEMOonline.co.id, Malang- Sebanyak dua bakal calon pasangan (bapaslon) jalur perseorangan Pemilihan Kepala Daerah(Pilkada) Kota Malang 2024 mulai mendaftarkan diri ke Kantor KPU setempat, Senin (13/5/2024).

Ketua KPU Kota Malang, Aminah menjelaskan dua bakal pasangan calon perseorangan Pilkada Kota Malang 2024 yang mendaftar ke KPU Kota Malang tersebut adalah Briyan Cahya Saputra dan Ahmad Yani serta Heri Cahyono dan Muhammad Rizky Wahyu Utomo.

Bakal pasangan calon perseorangan Pilkada Kota Malang 2024 Briyan Cahya Saputra dan Ahmad Yani mendaftar kurang lebih pada pukul 23.08 WIB, sementara bakal pasangan calon independen Heri Cahyono dan Muhammad Rizky Wahyu Utomo, pada pukul 23.13 WIB.

"Untuk proses hari ini belum bisa memberikan status diterima atau dikembalikan, tetapi masih dalam status pemeriksaan. Kita akan memeriksa apakah jumlahnya sudah sesuai atau belum," kata Aminah

Untuk bakal pasangan calon Briyan Cahya Saputra dan Ahmad Yani, lanjutnya, sudah tiba di Kantor KPU Kota Malang pada pukul 23.08 WIB, namun, berkas berupa soft file baru diserahkan kurang lebih pada pukul 01.20 WIB.

"Tadi sudah absen pada pukul 23.10 WIB, namun ada berkas yang tertinggal dan kita menunggu untuk itu. Tapi mereka sudah datang sebelum batas waktu, absen itu yang jadi pedoman kami," katanya.

Salah satu bakal calon perseorangan Briyan Cahya Saputra mengatakan bahwa ada sebanyak 57.646 dukungan yang diserahkan kepada KPU Kota Malang. Ia berharap, bisa berlanjut pada tahapan selanjutnya tanpa ada kendala.

Total Jumlah dukungan yang kami serahkan sebanyak 57.646 dukungan, dikumpulkan selama delapan bulan. Sempat ada keterlambatan karena proses transfer data," kata Briyan.

Sementara bakal calon perseorangan lainnya Heri Cahyono mengatakan bahwa kedatangannya bersama pasangan Muhammad Rizky Wahyu Utomo tersebut bertujuan untuk menyerahkan dokumen persyaratan dukungan minimal kepada KPU Kota Malang.

"Tujuan kedatangan kami, tentu sesuai tahapan pencalonan perseorangan. Total dukungan yang kami sampaikan sebanyak 52.223 dukungan dari lima kecamatan, lebih dari syarat minimum yang ditetapkan,” kata Heri.

Sesuai aturan tersebut, ditetapkan bahwa bakal pasangan calon perseorangan wajib mendapatkan dukungan minimal dari 48.882 orang atau 7,5 persen dari DPT terakhir sebanyak 651.758 jiwa, dengan sebaran dukungan minimal pada tiga kecamatan di wilayah Kota Malang.

Penulis     :   Dahlan A.

Editor        :   Udiens

Publisher  :  Syafika Auliyak

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Labuan Bajo- Abdul Haris atau yang lebih dikenal Xmistersun_ adalah seorang travel content creator asal Indonesia yang lahir di...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Wakil Bupati Sumenep Nyai Hj. Dewi Khalifah, mengingatkan anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) tidak menjadi tim sukses...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Sebanyak 1002 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang tersebar di 27 Kecamatan se-Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, kembali...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Rutin menggelar kegiatan tahunan, Universitas Bahaudin Mudhary (Uniba) Madura, Jawa Timur, menggelar Uniba Festival secara...

Komentar