Selain Target Promosi Wisata, Festival Layangan LED 2024 di Pantai Lombang Juga Untuk Penuhi Target PAD Rp 80 juta Selama Lebaran

Foto: Kepala Disbudporapar Sumenep, Mohammad Iksan
206
ad

MEMOonline.co.id, Sumenep- Mungkin tidak banyak yang tahu jika gelaran Festival Layangan LED 2024 (Night Kite Fest), yang digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep melalui Disbudporapar, di Pantai Lombang, pada Senin (15/04/2024) malam, memiliki dua target.

Dua target tersebut adalah 'promosi wisata' dan target pemenuhan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp 80 juta selama lebaran dari pantai lombang.

Kepala Disbudporapar Sumenep, Mohammad Iksan menjelaskan kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisata, baik nasional maupun internasional agar datang ke salah satu pantai favorit di Bumi Sumekar.

“Sehingga tidak hanya pada memberikan efek baik pada wisata di ujung timur Pulau Garam Madura, tapi juga memberikan dampak ekonomi yang baik terhadap seluruh pelaku UMKM,” tandasnya.

Demi kesuksesan acara itu, pihaknya juga menggandeng Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kecamatan Batang-Batang yang berada di sekitar Pantai Lombang.

Sementara pemilihan Pantai Lombang sebagai lokasi Festival Layangan LED ini adalah untuk memenuhi target perolehan Pendapatan Asli Daerah (PAD) selama Lebaran Ketupat.

“Target khusus Pantai Lombang saat momen lebaran untuk PAD kita kisaran Rp80 juta,” pungkasnya.

Wakil Bupati Sumenep, Dewi Khalifah dalam sambutannnya mengatakan Festival Layangan LED 2024 digelar salah satunya untuk menjaga permainan tradisional yang berbahan dari bambu itu tetap terjaga dan tidak tergerus oleh arus di era gempuran anak muda dihadapi berbagai macam permainan modern.

“Supaya generasi muda tetap mencintai permainan tradisional karena itu sudah hampir punah,” ucap Wabup Sumenep, Nyai Eva saat membuka acara, Senin (15/04/2024) malam.

Melalui Festival Layangan LED 2024, Pemerintah Kabupaten Sumenep berharap agar permainan tradisional ini tetap digemari kalangan anak muda dan tidak hanya condong pada permainan modern seperti gadget dan sebagainya.

Kemudian, lanjut Wabub Sumenep mengatakan bahwa festival layang-layang juga menjadi bagian dari promosi untuk mengenalkan keindahan tempat wisata yang ada di Kabupaten Sumenep, salah satunya yakni Pantai Lombang yang terkenal dengan cemara udang dan pasir putihnya.

Festival Layangan LED 2024 ini diikuti oleh OPD, BUMD dan camat di lingkungan Pemkab Sumenep yang menjadi bagian dalam rangka mensukseskan kalender event tahun 2024.

Penulis     :   Elok Andriani

Editor        :   Udiens

Publisher  :  Syafika Auliyak

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Labuan Bajo- Abdul Haris atau yang lebih dikenal Xmistersun_ adalah seorang travel content creator asal Indonesia yang lahir di...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Wakil Bupati Sumenep Nyai Hj. Dewi Khalifah, mengingatkan anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) tidak menjadi tim sukses...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Sebanyak 1002 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang tersebar di 27 Kecamatan se-Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, kembali...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Rutin menggelar kegiatan tahunan, Universitas Bahaudin Mudhary (Uniba) Madura, Jawa Timur, menggelar Uniba Festival secara...

Komentar