Selain Target Promosi Wisata, Festival Layangan LED 2024 di Pantai Lombang Juga Untuk Penuhi Target PAD Rp 80 juta Selama Lebaran

Foto: Kepala Disbudporapar Sumenep, Mohammad Iksan
196
ad

MEMOonline.co.id, Sumenep- Mungkin tidak banyak yang tahu jika gelaran Festival Layangan LED 2024 (Night Kite Fest), yang digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep melalui Disbudporapar, di Pantai Lombang, pada Senin (15/04/2024) malam, memiliki dua target.

Dua target tersebut adalah 'promosi wisata' dan target pemenuhan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp 80 juta selama lebaran dari pantai lombang.

Kepala Disbudporapar Sumenep, Mohammad Iksan menjelaskan kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisata, baik nasional maupun internasional agar datang ke salah satu pantai favorit di Bumi Sumekar.

“Sehingga tidak hanya pada memberikan efek baik pada wisata di ujung timur Pulau Garam Madura, tapi juga memberikan dampak ekonomi yang baik terhadap seluruh pelaku UMKM,” tandasnya.

Demi kesuksesan acara itu, pihaknya juga menggandeng Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kecamatan Batang-Batang yang berada di sekitar Pantai Lombang.

Sementara pemilihan Pantai Lombang sebagai lokasi Festival Layangan LED ini adalah untuk memenuhi target perolehan Pendapatan Asli Daerah (PAD) selama Lebaran Ketupat.

“Target khusus Pantai Lombang saat momen lebaran untuk PAD kita kisaran Rp80 juta,” pungkasnya.

Wakil Bupati Sumenep, Dewi Khalifah dalam sambutannnya mengatakan Festival Layangan LED 2024 digelar salah satunya untuk menjaga permainan tradisional yang berbahan dari bambu itu tetap terjaga dan tidak tergerus oleh arus di era gempuran anak muda dihadapi berbagai macam permainan modern.

“Supaya generasi muda tetap mencintai permainan tradisional karena itu sudah hampir punah,” ucap Wabup Sumenep, Nyai Eva saat membuka acara, Senin (15/04/2024) malam.

Melalui Festival Layangan LED 2024, Pemerintah Kabupaten Sumenep berharap agar permainan tradisional ini tetap digemari kalangan anak muda dan tidak hanya condong pada permainan modern seperti gadget dan sebagainya.

Kemudian, lanjut Wabub Sumenep mengatakan bahwa festival layang-layang juga menjadi bagian dari promosi untuk mengenalkan keindahan tempat wisata yang ada di Kabupaten Sumenep, salah satunya yakni Pantai Lombang yang terkenal dengan cemara udang dan pasir putihnya.

Festival Layangan LED 2024 ini diikuti oleh OPD, BUMD dan camat di lingkungan Pemkab Sumenep yang menjadi bagian dalam rangka mensukseskan kalender event tahun 2024.

Penulis     :   Elok Andriani

Editor        :   Udiens

Publisher  :  Syafika Auliyak

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Bandung- Super Servicio Technology (SST), sebuah startup teknologi lokal yang didirikan oleh seorang mahasiswa bernama Titus...

MEMOonline.co.id, Bangkalan- Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Bangkalan melantik anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK) di Gedung...

MEMOonline.co.id, Bangkalan- Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur Wilayah Madura mengevakuasi buaya muara yang ditemukan di...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Puluhan aktivis mahasiswa yang tergabung di Bemsu (Aliansi BEM Sumenep) geruduk Pemkab Sumenep menuntut kinerja Bupati...

MEMOonline.co.id, Malang- Aksi Bocah yang tertangkap Kamera CCTV curi jaket di sebuah Toko Viral di jagad Maya,dalam tangkapan layar tesebut si bocil...

Komentar