Perolehan Suaranya Jeblok Disalip Dua Kader se Partainya, Politisi Senior PDI Perjuangan Asal Dapil VII Sumenep Terjungkal di Pemilu 2024

Foto: Lima Caleg asal Dapil VII Sumenep yang diprediksi lolos ke kursi DPRD
1943
ad

MEMOonline.co.id, Sumenep- Meski sudah tergolong senior dan sudah tiga priode berturut menjadi wakil rakyat di parlemen, Politisi senior PDI Perjuangan asal Daerah Pemilihan (Dapil) VII Sumenep, yakni Darul Hasyim Fath, harus menelan pil pahit di Pemilu 2024.

Pasalnya, perolehan suara politisi nyentrik nan kritis ini, terpuruk disalip dua kader se partainya, yang diprediksi bakal melenggang bebas menuju kursi parlemen, bersama caleg dari partai lain.

Padahal sebelumnya, politisi senior asal dapil 7 yang meliputi Kecamatan Gayam, Nonggunong, Raas dan Masalembu, sudah mengklaim perolehan suaranya terbanyak ke dua setelah Hosnan Abrari, yang tak lain kader se partainya.

Namun belakangan, perolehan suara politisi senior PDI Perjuangan yakni Darul Hasyim Fath, disalip kader se partai berikutnya, yaitu Benni Halim.

Sehingga, Darul Hasyim Fath, diprediksi tidak lolos ke kursi parlemen bersama dua kader se partainya, yang bisa dipatikan melenggang bebas menuju kursi DPRD Sumenep.

Berdasarkan data yang dihimpun media ini, caleg PDI Perjuangan nomor urut 1 di dapil 7, Hosnan Abrari berhasil mendulang 12.517 suara.

Suara terbanyak berikutnya didapat Benni Halim dengan 6.009 suara. Sedangkan Darul Hasyim Fath memperoleh 5.253 suara.

Data perolehan suara tersebut berdasarkan formulir Model Rekap Kontrol-DPRD Kabupaten/Kota Kecamatan Masalembu dan formulir Model D. Hasil Kecamatan DPRD Kabupaten/Kota untuk Kecamatan Gayam, Nonggunong, dan Raas.

Namun, terlepas dari semua itu, hasil akhir perolehan suara semua calon, termasuk ketiga caleg dari PDI Perjuangan tersebut, masih menunggu rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara pemilu 2024 oleh KPU.

Diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep mulai melakukan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara pemilu 2024 tingkat kabupaten, Kamis, 29 Februari 2024, di salah satu gedung di Jalan Trunojoyo Kolor, Sumenep.

Ketua KPU Sumenep Rahbini mengatakan kegiatan rekapitulasi ini dijadwal akan berlangsung selama 6 hari, yaitu sejak Kamis, 29 Februari 2024, sampai Selasa, 5 Maret 2024.

“Mudah-mudahan rapat pleno terbuka ini bisa berjalan sukses dan lancar sampai selesai, sesuai dengan harapan kita bersama,” ujar Rahbini.

Berikut 5 nama Caleg asal Dapil VII yang berpotensi lolos ke Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumenep sesuai urutan kursinya.

1- Hosnan, S.IP., M.AP (PDIP) dengan perolehan 12.717 suara.

2- Saipur Rahman, S.Kep. (PKB) dengan perolehan 5.458 suara

3- Ahmad Juhairi, S.IP., M.Phil. (Nasdem) dengan perolehan 3.794 suara.

4- Benny Halim (PDIP) dengan perolehan 6.009 suara

5- Drs. Mas’ud Ali (PPP) dengan perolehan 5.445 suara.

Sedangkan akumulasi perolehan suara partai berdasarkan hasil rekapitulasi tingkat Kecamatan:

1- PDI Perjuangan menduduki peringkat pertama dengan meraih 25.203 suara.

2- Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan perolehan sebanyak 11.000 suara.

3- Partai Nasional Demokrat (NasDem) meraih 8.822 suara.

4- Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dengan raihan suara sebanyak 6.957.

5- Partai Demokrat meraih 6.928 suara.

Penulis     :    Alvian

Editor        :   Udiens

Publisher  :  Syafika Auliyak

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Sumenep- Perjuangan dua bidan sukwan asal pulauan Kangean, Kecamatan Kangayan, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, dalam...

MEMOonline.co.id, Lumajang- Kodim 0821/Lumajang melaksanakan acara halal bihalal, Kegiatan halal bihalal dipimpin langsung oleh Dandim 0821/Lumajang...

MEMOonline.co.id,...

MEMOonline.co.id, Jember- Alhamdulillah wa syukru ala ni'amillah. Tepat di hari ini Masyarakat dan Jama'ah Masjid Al - Hikmah Krajan 2 Desa...

MEMOonline.co.id - Kami, PT. Media Online Mandiri dan keluarga besar memoonline.co.id, ingin mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H kepada...

Komentar