Seorang Ibu di Jember Selamat Setelah Melahirkan di Pinggir Jalan

Foto: Keluarga bayi
1349
ad

MEMOonline.co.id, Jember- Sebagian masyarakat dan Kepala Desa kecewa, mulai hari ini semua menyoroti Kebijakan Puskesmas Sumberbaru Kecamatan Sumberbaru dan Dinas Kesehatan Kabupaten Jember.

Seorang ibu Holila berumur 35 tahun yang sudah melahirkan anak yang Ke - 6 kalinya yang beralamat di Dusun Krajan Desa Jambesari Kecamatan Sumberbaru Kabupaten Jember Jawa Timur.

Anehnya lagi Holila istri dari Nurul Yakin ini melahirkan seorang anak bayi dengan jenis kelamin perempuan, yang mana Ainul Yakin telah berjuang agar istri dan anaknya yang baru lahir di pinggir jalan raya supaya selamat.

Yang mana bayi mungil itu lahir sebelum adzan subuh atau sekitar pukul 3 -30 Wib, dan tempatnya tak jauh dari Kantor Desa Kaliglagah Kecamatan Sumberbaru Kabupaten Jember. (20/12/2023).

"Awalnya istri saya ini merasakan kalau mau melahirkan mas akhirnya saya bonceng sepeda motor ke Puskesmas Sumberbaru yang jaraknya kurang lebih 10 kilo dari rumah saya, Akan tetapi di tengah perjalanan perut istri saya terasa sakit dan sudah tidak bisa menahan lagi dan alhamdulilah lahirlah anak saya ini meskipun dipinggir jalan tanpa bantuan siapapun". Ucap Nurul.

"Masih menurut ayah dari bayi tersebut, Sebenarnya saat itu ada warga disekitar lokasi mas dan ingin membantu persalinan istri saya tapi istri saya menolak karena malu, Akhirnya persalinan itu berlangsung mandiri dan hanya saya yang menemani".

Begitu anak saya lahir warga baru mendekat dan membantu, karena ari-arinya belum keluar, Terus warga mengantarkan saya ke rumah bidan yang tak jauh dari tempat lahirnya anak saya, Begitu mendengar penyampaian bidan itu saya langsung kaget juga tambah bingung mas, Karena bidan itu menolak, Dengan alasan takut mau menolong". Imbuh Nurul.

Sampai hampir putus asa bapak enam anak ini akhirnya meminta bantuan bidan lain yang masih tetangganya.Akhirnya bidan itu mau dan bareng ke tempat istri saya melahirkan, Setiba dilokasi eh ternyata ari-arinya sudah keluar dan bidan tinggal memotong tali pusarnya mas.

Alhamdulillah, ada Pak Kades yang membantu dan istri juga anak saya bawa pulang, tidak saya bawa ke puskesmas.

Kabar dimedsos sangatlah menyayangkan, pelayanan persalinan yang terjadi diwilayah Kecamatan Sumberbaru bagi ibu hamil masih mengecewakan banyak pihak, Yang mana ada penolakan dari bidan yang diminta menangani proses persalinan.

"Kepala Desa Kaliglagah Murni Aji menjelaskan, Penolakan oleh bidan ini menyayangkan karena sudah yang ke-3 kalinya terjadi. Yang mana dua kasus sebelumnya, menimpa warga sendiri".

Tapi, Murni Aji tak menyalahkan bidan swasta didesanya tersebut karena tidak mau membantu warganya, Seharusnya kebijakan Puskesmas Sumberbaru dan Dinas Kesehatan Kabupaten Jember yang dianggap kurang tanggap.

"Harusnya, ketika kondisi darurat, bidan swasta di desa diizinkan membantu proses persalinan karena jelas sekali kalau ini menyangkut nyawa seorang ibu dan bayinya".

“Saya dulu pernah marah seharusnya bidan didesa di perbolehkan membantu persalinan di saat darurat". Ucap kades Murni Aji.

Kepala Puskesmas Sumberbaru dr Titis Sulistyowati, Tak merespons dikonfirmasi, juga tidak menjawab pertanyaan yang dikirim melalui pesan selulernya ( WA ). Sedangkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jember Hendro mengatakan via selulernya "Baik Akan Saya Cek". Tandasya.

Penulis     :    Zainal Arifin

Editor        :   Udiens

Publisher  :  Syafika Auliyak

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Sumenep- Perjuangan dua bidan sukwan asal pulauan Kangean, Kecamatan Kangayan, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, dalam...

MEMOonline.co.id, Lumajang- Kodim 0821/Lumajang melaksanakan acara halal bihalal, Kegiatan halal bihalal dipimpin langsung oleh Dandim 0821/Lumajang...

MEMOonline.co.id,...

MEMOonline.co.id, Jember- Alhamdulillah wa syukru ala ni'amillah. Tepat di hari ini Masyarakat dan Jama'ah Masjid Al - Hikmah Krajan 2 Desa...

MEMOonline.co.id - Kami, PT. Media Online Mandiri dan keluarga besar memoonline.co.id, ingin mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H kepada...

Komentar