Meski Cuma Diikuti 6 Grup, Parade Musik Tong-tong di Sumenep Mampu Sedot Ribuan Pengunjung

Foto: Semarak Parade Musik Tong-tong di Sumenep, Sabtu (10/06/2023) malam.
405
ad

MEMOonline.co.id. Sumenep - Pelaksanaan Parade Musik Tong-tong dalam rangka menyemarakkan “Juni Bulan Bung Karno” 2023 yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Sabtu malam, (10/06/2023) berhasil menyedot perhatian ribuan penonton yang tidak hanya berasal dari Kabupaten Sumenep saja.

Bupati Sumenep Achmad Fauzi mengatakan, upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Sumenep itu menjadi catatan penting dalam pelaksanaannya agar kesenian daerah seperti musik tong-tong bisa bertahan dan tetap lestari di tengah gempuran berbagai hiburan modern, terutama yang berbau hiburan dari luar.

"Masyarakat selalu menjaga, merawat serta melestarikan musik tradisional tong-tong, agar anak cucu bisa menikmati seni budaya itu sepanjang waktu dan tidak tergerus perubahan zaman apapun," Ucap Bupati Sumenep Achmad Fauzi di sela-sela pelepasan Parade Musik Tong-tong di depan Rumah Dinas Bupati setempat tadi malam.

Selain bertujuan sebagai upaya untuk melestarikan seni dan budaya yang dimiliki Kabupaten Sumenep, gelaran parade musik tong-tong ini juga dalam rangka menyemarakkan peringatan “Juni Bulan Bung Karno". Hal itu karena Ir. Soekarno sekaligus presiden pertama RI sangat mencintai seni budaya daerah.

“Presiden Soekarno sangat menghargai setiap seniman, budayawan hingga para pemain seni budaya, bahkan meluangkan waktu untuk berbincang-bincang soal seni dan budaya bersama mereka setiap waktu,” tutur Bupati.

Di sekitar Rumah Dinas (Rumdis) Bupati Sumenep, ribuan warga terlihat antusias memadati sepanjang jalan bahkan terbilang berdesakan untuk masing-masing menikmati suara musik tradisional itu.

Sebanyak 6 grup yang turut memeriahkan tersebut, yakni Gong Mania, Lanceng Kermata, Putera Siding Puri, Pangeran Wiraraja, Pangeran Soengenep dan Pornama Alam. Ke-6 grup musik tong-tong masing-masing unjuk kebolehan baik dari tabuhan musik sampai dengan hiasan lampu kelap-kelip yang begitu indah.

"Pemerintah Kabupaten Sumenep tentu akan terus mendukung dan mengapresiasi kegiatan ini. Semoga bisa melestarikan kesenian ini dan generasi muda bisa mencintai kesenian Musik Tong-tong," ungkapnya.

Selain itu, pihaknya merasa optimis bahwa dengan upaya seperti itu, nantinya perekonomian di Sumenep akan bertambah naik karena akan banyak sektor tenaga kerja yang bisa terserap apabila kunjungan wisata ke Kabupaten Sumenep juga meningkat.

Kemudian, acara yang masuk dalam Kalender Event Sumenep 2023, nantinya akan digelar hingga akhir Desember 2023 mendatang.

Penulis     :    Elok Andriani

Editor        :   Udiens

Publisher  :  Syafika Auliyak

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Sumenep- Perjuangan dua bidan sukwan asal pulauan Kangean, Kecamatan Kangayan, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, dalam...

MEMOonline.co.id, Lumajang- Kodim 0821/Lumajang melaksanakan acara halal bihalal, Kegiatan halal bihalal dipimpin langsung oleh Dandim 0821/Lumajang...

MEMOonline.co.id,...

MEMOonline.co.id, Jember- Alhamdulillah wa syukru ala ni'amillah. Tepat di hari ini Masyarakat dan Jama'ah Masjid Al - Hikmah Krajan 2 Desa...

MEMOonline.co.id - Kami, PT. Media Online Mandiri dan keluarga besar memoonline.co.id, ingin mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H kepada...

Komentar