Petani Lumajang 'Menjerit' Lahan Pertanian Kering ! Kabid SDA DPU : Keterbatasan Anggaran. Untuk Konser ?

Foto : suasana saat pertemuan di Aula Dinas PU Kabupaten Lumajang.
1374
ad

MEMOonline.co.id. Lumajang - Puluhan petani asal Desa Boreng Kecamatan Sukodono Lumajang, menggelar aksi di depan kantor PUPR Kabupaten Lumajang, Rabu (31/5/2023).

Bukan tanpa sebab, mereka bermaksud menyampaikan keluhannya lantaran jaringan irigasi Boreng yang sepatunya berfungsi untuk mengairi area persawahan, belakangan ini tak lagi berguna.

Informasi dihimpun, tanggul irigasi dikawasan tersebut jebol. Warga menuntut agar segera diperbaiki lantaran duka yang dialami sudah terhitung setahun lamanya.

"Kami meminta, agar DPU Lumajang segera melakukan pembangunan Dam Boreng. Sejauh ini pemerintah mengklaim jika untuk melakukan pembangunan Dam tersebut, selalu beralibi belum adanya alokasi anggaran," Bambang koordinator aksi.

Ironisnya, masyarakat sangat menyayangkan lantaran Pemkab Lumajang, mampu mendatangkan artis legendaris beberapa waktu lalu, dengan alokasi yang dinilai tidak sedikit.

Dampak dari kondisi tersebut, hasil pertanian menurun drastis. Bahkan ada sejumlah petani yang terpaksa menjual lahannya untuk bertahan hidup.

Lebih jauh Bambang yang juga menjabat sebagai ketua Hippa meminta, agar pemerintah menanggapi serius. Termasuk di kali temi yang dianggapnya lantaran ada keramba, ditambah terjadi pendangkalan dirasa menjadi salahsatu pemicu.

"Meski dibuatkan Dam sementara memakai Bronjong tidak menjadi masalah. Yang penting sawah kami teraliri air," imbuhnya.

Menanggapi hal tersebut, Kabid SDA DPU Lumajang Lumajang Hari Djoko menyampaikan, jika di bulan Juni mendatang, akan diperbaiki dan air harus mengalir air untuk para petani.

"Pemerintah sudah melakukan upaya secara maksimal. Namun dikarenakan terbatasnya anggaran kabupaten Lumajang," ungkapnya.

Menemui warga saat itu, selain Kabid SDA DPU Lumajang Lumajang Hari Djoko, juga Humas Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Lumajang Subowo. Warga dipersilahkan masuk ke aula, kemudian duduk bersama membahas persoalan hingga usai.

Penulis     :    Hermanto

Editor        :   Udiens

Publisher  :  Syafika Auliyak

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id- “Emergency! Sangat penting.” Itulah pesan saya terima dari asisten. Ia menyela meeting saya hari...

MEMOonline.co.id, Jember- Masih dalam suasana Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah digelar acara halal bihalal dan silaturahmi bersama jajaran...

MEMOonline.co.id, Lumajang- Kepolisian Sektor Yosowilangun Polres Lumajang, perketat penjagaan di pintu masuk wisata pantai Mbah Drajid Desa Wotgalih...

MEMOonline.co.id, Kalimantan Timur - Madura United sebagai tim tamu melibas tuan rumah Borneo FC dengan 4 gol tanpa balas dalam laga pekan ke-31 BRI...

MEMOonline.co.id, Jakarta- Andre Parmonangan P atau yang lebih dikenal Andre adalah seorang dokter dan content creator asal Indonesia yang lahir di...

Komentar