Buruan Sebelum Terlambat ! Forkopimca Klakah Siap Bantu Pelaku UMKM Urus Sertifikat Halal

Foto : Foto bersama usai penyerahan sertifikat HALAL pada sejumlah pelaku UMKM
1262
ad

MEMOonline.co.id. Lumajang - Puluhan Pelaku UMKM(Usaha Mikro Kecil Menengah) berkumpul di Kantor Urusan Agama(KUA) Kecamatan Klakah, Jumat (26/5/2023).

Saat itu, mereka menerima bimbingan dan arahan dari jajaran Forkopimca mengenai kewajiban memiliki sertifikat HALAL atas produk yang dimiliki dan diperjualbelikan pada masyarakat umum.

Wahyu Hidayat, S.Th.I Kepala KUA Klakah menyampaikan, kegiatan itu dilakukan sebagai bentuk implementasi dari program nasional mengenai kewajiban yang harus dimiliki oleh para pelaku UMKM (Sertifikat HALAL-red).

"Intinya kami mengajak, Para pelaku UMKM di Kecamatan Klakah, untuk mengurus atau membuat sertifikat halal. Tadi dari 25 pelaku UMKM yang sudah kami input datanya ada 18 yang sudah menerima sertifikat HALAL. 16 pelaku usaha dari Kecamatan Klakah dan 2 lagi dari luar kecamatan," ucap Wahyu Hidayat.

Ia menjelaskan, jika 17 Oktober 2024 mendatang, merupakan batas akhir mengurus. Dengan artian, pelaku UMKM seyogyanya sudah mengantongi sertifikat tersebut.

"Dalam kepengurusan, kami siap membantu masyarakat, misal yang belum memiliki IMB kami siap membantu. Kami buka akses selebar-lebarnya bagi masyarakat untuk berkomunikasi manakala ada hal-hal yang perlu diperjelas mengenai cara mengurus sertifikat halal", imbuhnya.

Hadir dalam kegiatan, selain para pelaku UMKM, diantaranya Camat Klakah Arief Mashudi, Kapolsek Klakah Iptu Khoirin dan sejumlah stakeholder terkait.

Di waktu yang sama Camat Klakah mengutarakan, siap mendukung program tersebut. Menurutnya, sebagai bentuk dukungan dalam rangka mendorong pertumbuhan perekonomian.

Di Lain sisi, Kapolsek Klakah juga siap membantu. Baginya, merupakan salah satu tugas Kepolisian dalam upaya mensejahterakan masyarakat.

"Kegiatan ini kami kemas dalam tajuk Jumat Curhat. Tadi kami sudah serap aspirasi dari masyarakat, diantaranya agar kami turut mengkoordinasikan dengan dinas terkait. Tentu kami catat dan kami jawab. Polri khususnya Polsek Klakah siap atas keperluan masyarakat, tentu dengan berlandaskan Protap kami sesuai dengan tugas pokok dan fungsi," tuturnya.

Penulis     :    Hermanto

Editor        :   Udiens

Publisher  :  Syafika Auliyak

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Sumenep- Dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah, Bupati Sumenep, H. Achmad Fauzi Wongsojudo, S.H., M.H.,...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Sumenep mulai menyinkronkan Dokumen Rancangan Akhir RKPD tahun...

MEMOonline.co.id, Tangerang- Fajar Okta atau yang lebih dikenal Menjelang Fajar adalah seorang fotografer asal Indonesia yang lahir di Padang dan...

MEMOonline.co.id, Badung- Ketua Umum Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Pusat, Tri Tito Karnavian, melakukan kunjungan kerja...

MEMOonline.co.id, Jakarta- Pesta demokrasi yang ditandai dengan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak kembali akan berlangsung di penghujung...

Komentar