Catat Tanggalnya! Calendar of Event Sumenep Masa Kejayaan Akan Gelar “Festival Jaran Serek”

Foto: Pemkab Sumenep Akan Gelar Festival Jaran Serek, Sabtu (27/05/2023).
1228
ad

MEMOonline.co.id. Sumenep - Satu dari sekian banyak rangkaian kegiatan yang termasuk dalam “Calendar of Event Sumenep 2023 Masa Kejayaan” adalah “Festival Jaran Serek”.

Beragam kegiatan yang sudah tersusun dalam Calendar of Event Sumenep Masa Kejayaan, merupakan agenda yang dirancang Bupati Sumenep, Achmad Fauzi bersama organisasi perangkat daerah (OPD) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Rencananya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, akan menggelar “Festival Jaran Serek” pada Sabtu (27/05/2023) pukul 08.00 WIB bersama Paguyuban Jaran Serek Pandhige.

Kegiatan itu akan diikuti sebanyak 100 ekor kuda dan diiringi 10 kelompok musik tradisional berupa saronen yang dimulai dari rute start di Lapangan Giling dan finish di Labang Mesem Keraton Sumenep (sebelah timur Taman Bunga).

“Para peserta Festival Jaran Serek ini, harus menampilkan kreasi yang atraktif dan kreatif dalam menampilkan aksi kudanya, untuk menarik perhatian masyarakat yang menyasikan di sepanjang rute perjalanan,” kata Bupati Sumenep Achmad Fauzi.

Menurut Bupati Sumenep, rentetan kegiatan yang sudah dan masih akan ditampilkan dalam Calendar of Event Sumenep 2023, bisa menjadi salah satu langkah untuk menarik perhatian wisatawan dan pelancong dalam menikmati keunikan Kabupaten Sumenep.

Bahkan, dengan upaya tersebut, pemerintah daerah (pemda) terus berkomitmen untuk menjaga dan melestarikan seni budaya warisan leluhur, termasuk Jaran Serek dan musik tradisional Saronen yang akan digelar 3 hari mendatang.

“Kegiatan seperti ini harus mendapat dukungan dari seluruh elemen masyarakat. Sebab lewat kegiatan seperti ini juga menjadi salah satu dari upaya mempertahankan dan memelihara seni budaya Jaran Serek,” lanjut Bupati Sumenep.

Lebih lanjut, di era saat ini banyak terjadi perubahan di masyarakat yang tidak hanya pola pikirnya saja, melainkan selera budaya dan seni yang juga mengalami perubahan.

“Manakala tidak ada generasi yang melestarikan seni budaya itu, sudah pasti Jaran Serek bisa punah dengan sendirinya akibat tergerus peradaban,” terangnya.

Penulis     :    Elok Andriani

Editor        :   Udiens

Publisher  :  Syafika Auliyak

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Lumajang- Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang, resmi mengoperasikan sarana WiFi Publik di seputaran Alun - Alun...

MEMOonline.co.id, Sampang- M Inisial, seorang mucikari asal desa Taddan, Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur ditangkap jajaran...

Bersama ini saya ijin menyampaikan keluhan masyarakat sekitar pasar induk Cibitung Kabupaten Bekasi, bahwa sudah lebih dari 3 bulan sampah di...

MEMOonline.co.id, Kota Bekasi- Silaturahmi Pemerintah Kota Bekasi bersama para insan pers di Pendopo Walikota Bekasi diawali dengan acara buka puasa...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Potret kurang matangnya tata kelola kesenian di Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur menjadi pengantar diskusi hangat...

Komentar