Jadi Atensi Khusus, Dua Penderita Cerebral Palsy di Sumenep Disambangi Mensos RI Rismaharini

Foto: Menteri Sosial Tri Rismaharini ketika mengunjungi penderita Cerebral Palsy di Kalianget, Sumenep, Minggu (14/5/2023)
1395
ad

MEMOonline.co.id. Sumenep - Inginkan pulih dan sehat, dua penderita Cerebral Palsy dari Kabupaten Sumenep, mendapatkan perhatian khusus dari Menteri Sosial Tri Rismaharini dalam kunjungan kerjanya, Minggu (14/5/2023).

Bu Risma mengatakan infomasi adanya penderita Cerebral Palsy (Lumpuh Otak) dari Ketua Anshor Kecamatan Kalianget yang berkirim surat kepadanya.

"Ketua Anshor yang berkirim surat kepada saya, lalu saya menjadwalkan kegiatan untuk berkunjung kesini," ujarnya.

Menurut Mensos, pihaknya menghimbau kepada masyarakat luas utamanya di Madura untuk tidak menutup diri keluarganya yang mengalami celebral palsy sebagai aib.

"Kemungkinan penderita Cerebral Palsy mengalami kelainan ketika masih hamil. Jika menemui kasus seperti ini masyarakat jangan menutup diri, tetapi harus melaporkan kepada Pemerintah agar cepat dilakukan pertolongan," tegas Mensos.

Kata Menteri, pihaknya akan terus berusaha membantu agar para penderita cerebral palsy minimal bisa membantu dirinya sendiri.

"Selama ini kan dia dibantu keluarganya, setidaknya dengan dilakukan terapi dia (penderita cerebral palsy) tidak menggantungkan seumur hidupnya pada orang lain," ucap Bu Risma.

Diketahui Mensos bersama rombongan diawali mengunjungi penderita Cerebral Palsy di Desa Asem nunggal, Kecamatan Kalianget, yakni Muhammad Jamal Kurniawan (14). Putra dari pasangan Muhammad Salehoddin (50) dan Azizah (44).

Pria yang kerap dipanggil jamal tersebut mengalami kelumpuhan otak sejak usia 4bulan. Saat ini dia hanya bisa berbaring dan kegiatan sehari-hati dibantu oleh keluarganya.

Dari kementerian sosial, dirinya mendapatkan bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (Atensi) senilai total Rp11.242.100. Bantuan tersebut berupa kebutuhan dasar dan nutrisi, mainan anak, bantuan kewirausahaan serta bantuan biaya operasional selama Jamal dilakukan perawatan dan keluarganya.

Kemudian perjalanan menuju RSUD Dr. H. Moh. Anwar Sumenep mengunjungi Nur Aisyah (8) asal Desa Brakas, Kecamatan Ra'as, Kabupaten Sumenep yang sedang dilakukan perawatan.

Mensos Risma menyerahkan bantuan senilai Rp14.246.800 kepada Aisyah. Bantuan terdiri dari alat bantu kursi roda adaptif, bantuan pemenuhan kebutuhan dasar dan nutrisi, mainan anak serta bantuan operasional selama pengobatan.

Penulis     :    Gita Larasati

Editor        :   Udiens

Publisher  :  Syafika Auliyak

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

Bersama ini saya ijin menyampaikan keluhan masyarakat sekitar pasar induk Cibitung Kabupaten Bekasi, bahwa sudah lebih dari 3 bulan sampah di...

MEMOonline.co.id, Kota Bekasi- Silaturahmi Pemerintah Kota Bekasi bersama para insan pers di Pendopo Walikota Bekasi diawali dengan acara buka puasa...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Potret kurang matangnya tata kelola kesenian di Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur menjadi pengantar diskusi hangat...

MEMOonline.co.id, Sampang- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sampang menggelar rapat paripurna dengan acara nota penjelasan bupati...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Bulan Suci Ramadhan 1445 Hijriyah dijadikan momentum untuk berbagi rasa oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten...

Komentar