Terindikasi Ada Kecurangan, Puluhan Warga Desa Morombuh - Bangkalan Demo Kantor Pemkab

Foto : Demo
1586
ad

MEMOonline.co.id. Bangkalan - Sebanyak puluhan warga Desa Morombuh, Kecamatan Modung, Bangkalan melakukan aksi unjuk rasa di depan kantor Bupati Bangkalan, Rabu (26/4/23). Hal itu dilakukan untuk menuntut persoalan pemilihan kepala desa (Pilkades) Desa Morombuh yang dinilai bermasalah.

Salah satu warga Morombuh, Abdurahman Tohir mengatakan, terdapat penjegalan terhadap salah satu bakal calon kepala desa (Bacakades) atas nama Moh Imron. Diduga, panitia melakukan manipulasi nilai untuk mengugurkan calon tersebut.

“Ada dugaan persekongkolan dari berbagai unsur kepanitiaan termasuk unsur pemerintah untuk menjegal calon yang kami usung,” ucapnya, Rabu (26/4).

Ia juga mengatakan, pihaknya meminta Pemkab Bangkalan dan ketua Tim Fasilitasi Pemilihan Kepala Desa (TFPKD) segera melakukan tindakan terhadap panitia yang melakukan kecurangan.

“Kami meminta pemerintah tegas, karena aturan yang dibuat oleh pemerintah Bangkalan diinjak-injak oleh P2KD Desa Murombuh,” jelasnya.

Pihaknya juga menuntut pemerintah agar melakukan diskresi penundaan pelaksanaan Pilkades di desa tersebut. Sebab, sampai saat ini panitia diduga tidak mempertimbangkan surat rekomendasi yang diberikan oleh Plt Bupati pada panitia.

"Jika surat yang diberikan tidak diindahkan, demi menjaga kondusifitas masyarakat kami akan meminta diskresi penundaan pelaksanaan Pilkades," ungkapnya.

Terpisah, Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Bangkalan, Rudiyanto melalui sambungan telepon menjelaskan, pihaknya sudah melakukan upaya penindakan terhadap laporan yang masuk.

“Kami sudah melakukan tahapan dan juga penindakan laporan yang masuk ke kami sesuai aturan. Salah satunya yaitu memberikan rekom. Terkait diskresi penundaan itu kewenangan Plt Bupati,” pungkasnya.

Penulis     :    Julian

Editor        :   Udiens

Publisher  :  Syafika Auliyak

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Sumenep- Bupati Sumenep, Achmad Fauzi Wongsojudo, menerima penghargaan dari Gubernur Jawa Timur atas dukungan sinergi dan...

MEMOonline.co.id, Jember- Tidak ada tulang Jasad Manusia ataupun bekas pernah terjadi pemakaman di areal yang diduga sebagai makam Pahlawan 45...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Lembaga Seni Budaya Muslim Indonesia (Lesbumi) PCNU Sumenep akan kembali menyelenggarakan Festival Sapparan Budaya....

MEMOonline.co.id, Sumenep- Bupati Sumenep, Achmad Fauzi Wongsojudo, kembali meraih penghargaan dalam ajang "Satu Inspirasi" yang digelar oleh B...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Sejumlah bangunan dan gudang semi permanen di Dusun Ageng, Desa Pinggir Papas, Kecamatan Kalianget, Sumenep, Jawa Timur...

Komentar