Terindikasi Ada Kecurangan, Puluhan Warga Desa Morombuh - Bangkalan Demo Kantor Pemkab

Foto : Demo
1558
ad

MEMOonline.co.id. Bangkalan - Sebanyak puluhan warga Desa Morombuh, Kecamatan Modung, Bangkalan melakukan aksi unjuk rasa di depan kantor Bupati Bangkalan, Rabu (26/4/23). Hal itu dilakukan untuk menuntut persoalan pemilihan kepala desa (Pilkades) Desa Morombuh yang dinilai bermasalah.

Salah satu warga Morombuh, Abdurahman Tohir mengatakan, terdapat penjegalan terhadap salah satu bakal calon kepala desa (Bacakades) atas nama Moh Imron. Diduga, panitia melakukan manipulasi nilai untuk mengugurkan calon tersebut.

“Ada dugaan persekongkolan dari berbagai unsur kepanitiaan termasuk unsur pemerintah untuk menjegal calon yang kami usung,” ucapnya, Rabu (26/4).

Ia juga mengatakan, pihaknya meminta Pemkab Bangkalan dan ketua Tim Fasilitasi Pemilihan Kepala Desa (TFPKD) segera melakukan tindakan terhadap panitia yang melakukan kecurangan.

“Kami meminta pemerintah tegas, karena aturan yang dibuat oleh pemerintah Bangkalan diinjak-injak oleh P2KD Desa Murombuh,” jelasnya.

Pihaknya juga menuntut pemerintah agar melakukan diskresi penundaan pelaksanaan Pilkades di desa tersebut. Sebab, sampai saat ini panitia diduga tidak mempertimbangkan surat rekomendasi yang diberikan oleh Plt Bupati pada panitia.

"Jika surat yang diberikan tidak diindahkan, demi menjaga kondusifitas masyarakat kami akan meminta diskresi penundaan pelaksanaan Pilkades," ungkapnya.

Terpisah, Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Bangkalan, Rudiyanto melalui sambungan telepon menjelaskan, pihaknya sudah melakukan upaya penindakan terhadap laporan yang masuk.

“Kami sudah melakukan tahapan dan juga penindakan laporan yang masuk ke kami sesuai aturan. Salah satunya yaitu memberikan rekom. Terkait diskresi penundaan itu kewenangan Plt Bupati,” pungkasnya.

Penulis     :    Julian

Editor        :   Udiens

Publisher  :  Syafika Auliyak

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id- Apakah ada hubungannya menjaga UUD 1945 (Konstitusi) dengan menyelamatkan bumi? Apakah Mahkamah Konstitusi (MK) dengan menjadi the...

MEMOonline.co.id, Bangkalan- Laga Madura United FC vs PSM Makassar yang berlangsung di Stadion Gelora Bangkalan (SGB) Madura, Minggu (21/4/2024)...

MEMOonline.co.id, Kota Bekasi- Dengan banyaknya baliho yang disebar masyarakat di beberapa titik lokasi dengan mengusung Dr. dr. Kusnanto Saidi,...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Pembangunan tugu keris di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, yang berlokasi di Desa Sendang, Kecamatan Pragaan,...

MEMOonline.co.id, Bangkalan- Persaingan menuju empat besar atau Champions Series di tiga sisa laga BRI Liga 1 2023-2024 semakin...

Komentar