Ratusan Lansia di Jember Terima Bansos Dari Bupati Hendy

Foto: Bupati Jember dan BUMdesma Lampeji Salurkan Ratusan Bansos pada lansia
1723
ad

MEMOonline.co.id. Jember - Bupati Jember Hendy Siswanto, melaksanakan kegiatan safari Ramadhan. Safari yang ke sembilan bulan puasa kali ini dilaksanakan Desa Lampeji, Kecamatan Mumbulsari, Kabupaten Jember.

Tak lupa Bupati Jember menggandeng Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDesma) Aksara Harta di Desa Lampeji dan menyerahkan Corporate Social Responsibility (CSR) atau Bantuan Sosial (Bansos) secara simbolis kepada 20 orang perwakilan, Kamis (30/3/2023).

Dalam kesempatan itu, Hendy mengungkapkan rasa bangga pada BUMDesma Aksara Harta, karena bisa memberikan bantuan kepada warga setempat di bulan suci Ramadan ini.

Selain itu, di hadapan puluhan warga, Hendy sempat memaparkan sekilas tentang BUMDesma, yang memiliki berbagai usaha dan kegiatan didalamnya.

Ia juga dengan lantang menyatakan kesanggupannya untuk selalu mensupport dan membantu Bumdesma Aksara Harta, agar semakin berkembang ke depannya.

"Kalau BUMDesma ini berkembang, nanti bisa menyalurkan bantuan terus setiap tahun kepada masyarakat," ucapnya.

Usaha BUMDesma ini, kata Hendy, terdiri dari Simpan Pinjam, penyediaan bahan pokok penting (Bapokting) dan yang lainnya.

Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember melalui kerja sama dengan BUMNU, akan membantu Bumdesma Aksara Harta terutama dalam memenuhi kebutuhan Bapokting seperti beras.

"Beras yang disediakan pemerintah untuk BUMDesma tentu harga murah. Jadi BUMDesma bisa menjualnya lagi kepada masyarakat dengan harga yang masih relatif murah dibanding harga pasar pada umumnya, meski BUMDesma mengambil sedikit keuntungan (laba - red)," ujar Hendy.

Dengan komoditas Bapokting yang disediakan pemerintah tersebut, kata Hendy, warga tetap bisa mendapatkan beras dengan harga murah, sedangkan BUMDesma juga bisa terus berjalan karena mendapat keuntungan dari hasil penjualan komoditas yang disediakan pemerintah itu.

"Nah, keuntungan yang diperoleh BUMDesma inilah yang nantinya akan dibagikan lagi kepada warga yang kurang mampu," ungkap Hendy.

Di penghujung pidatonya, tak lupa Hendy mengajak segenap masyarakat untuk selalu berbagi dan saling peduli antar sesama.

"Kalau punya rezeki lebih, jangan lupa bantu saudara kita yang membutuhkan. Di J-Berbagi ini saya berharap kita bisa menyisihkan rezeki kita untuk disedekahkan," tutupnya.

Sementara, Kepala Desa (Kades) Lampeji, Ary Wahyudi, mengatakan dana yang digunakan untuk pembagian Bansos tersebut sepenuhnya menggunakan surplus BUMDesma di 2022 lalu, sebanyak 25 persen dari total dana senilai Rp14 juta lebih.

"Penerima Bansos dari BUMDesma ini sebanyak 200 orang Lansia. Ini yang dihadirkan hanya 20 orang perwakilan saja. Mereka menerima pemberian bantuan secara simbolis. Bapak bupati langsung yang membagikannya," pungkasnya.

Penulis     :    Zainullah

Editor        :   Udiens

Publisher  :  Syafika Auliyak

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Sumenep- Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, membagikan ilmu jurnalistik kepada puluhan...

MEMOonline.co.id, Padang- Hafiz Rahman Hakim atau yang lebih dikenal Hafiz adalah seorang travel content creator asal Indonesia yang lahir di...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Pembangunan Kantor baru gedung DPRD Sumenep, Madura, Jawa Timur, yang peletakan batu pertamanya dilkukan pada 21 Agustus...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Ramadhan berkah, Serikat Media siber Indonesia (SMSI) Kabupaten Sumenep berbagi takjil puasa untuk para abang becak dan...

MEMOonline.co.id, Jember- Suasana kegembiraan menyelimuti halaman SMK Islam Bustanul Ulum (IBU) saat acara Pondok Ramadhan....

Komentar