Harapan Untuk Bea Cukai Bekasi Saat Hari Bea Se-dunia 2023

Foto: Gambar Ilustrasi (Screenshot video)
1452
ad

MEMOonline.co.id, Bekasi - Bea Cukai Bekasi memantapkan diri menjadi barometer trade fasilitator khususnya di bidang fasilitas Kepabeanan dan Cukai. 

Demikian disampaikan Yanti Sarmuhidayanti Kepala Kantor Bea dan Cukai Bekasi saat pelaksanaan apel rutin di bulan pertama tahun 2023 beberapa waktu lalu.

Klaim tersebut bukan tanpa alasan sebab data bulan Januari 2023 memperlihatkan Bea Cukai Bekasi merupakan salah satu kantor yang terbanyak melayani fasilitas kepabeanan di bidang tempat penimbunan berikat (TPB) di Indonesia.

-Penerimaan Pabean dan Cukai yang berhasil dikumpulkan tahun 2022 mencapai 108,23%. 

-Penerimaan pabean mencapai Rp140,36 miliar dari target Rp122,56 miliar (114,53%).

-Penerimaan Cukai mencapai Rp758,90 miliar dari target Rp708,31 miliar (107.14%).

Sementara Pajak dalam rangka impor yang berhasil dihimpun mencapai Rp1,039 triliun.

Realisasi penerimaan Bea Cukai Bekasi tersebut melampaui target. 

Perbaikan dan peningkatan kualitas SDM tentu menjadi kunci untuk merealisasikannya. 

Maka dalam menjaga keberlanjutan generasi penerus (para Bea Cukai muda), di peringatan Hari Bea Sedunia 2023, Bea Cukai Bekasi mempromosikan Budaya Berbagi Pengetahuan dan Kebanggaan Profesional di Kepabeanan.

Berbagai pesan dan harapan pun diucapkan oleh para pelaku usaha kepada para Bea Cukai Muda di Indonesia itu.

"Harapan kami kepada petugas, orang-orang  di dalam wadah berikutnya, tentu yang kami harapkan adalah sifat yang proaktif dan punya inisiatif ya. Karena kita adalah partner," ucap Rudi Rianto dari PT. Yamaha Music Manufacturing Asia, Jum'at (27/1/2023).

"Jadi semua pekerjaan, semua hal yang kita jalankan ingin lebih meningkatkan kerjasama, meningkatkan sifat proaktif sebagai instansi yang melayani sehingga kepentingan kemudian urusan dan hal-hal yang terkait dengan kepabeanan bisa diselesaikan semua dengan cepat, kemudian semakin mudah dan semakin fleksibel. Itu harapan kami di masa depan berikutnya," harap Rudi Rianto.

Sementara Ivo Novtia dari PT Toyota Tsuhso Logistics Center berharap agar para generasi penerus Bea Cukai berkemampuan lebih dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya.

"Sebagai bagian dari pusat teknologi raksasa kami mengajak dari para generasi muda untuk menjadi petugas Bea Cukai yang mempunyai integritas yang baik, berkemampuan skill komunikasi bagus dan mampu memahami regulasi serta bisa menjelaskan aturan-aturan dalam kepabeanan," terang Ivo Novtia.

Hal senada juga diucapkan oleh Doddy Petra Roosadi dari PT Delta Djakarta.

"Saya sudah 25 tahun di bidang ekspor-impor dan saya melihat 5 alasan untuk 10 tahun kedepan, ada hasil perkembangan yang sangat besar dalam transformasi Bea Cukai yang mana lebih transparan, lebih dapat dipertanggungjawabkan dan lebih mendidik kita sebagai user (pengguna-yg dilayani)," ungkap Doddy.

"Saya berharap untuk petugas muda Bea Cukai kalian telah berada di dalam jalur yang benar untuk menjadi yang terbaik," tukasnya.

"Jadi cukup mengikuti aturan dan saya rasa kalian dapat berkembang di masa depan untuk Bea Cukai lebih baik," saran Doddy.

Begitu pula dengan Cho Yeong Sook dari PT Hankook Tire Indonesia.

"Saya baru satu bulan berada di Indonesia, dan dalam satu bulan ini saya sudah berinteraksi dengan banyak orang Indonesia. Pegawai Bea Cukai terlihat sangat bersemangat dan saya senang karena Bea Cukai telah banyak membantu Hankook," tutur Cho Yeong Sook.

"Banyak pegawai muda Bea Cukai telah melaksanakan pekerjaannya dengan penuh semangat. Saya berterima kasih apabila kedepannya bisa terus saling bekerja sama dan membantu satu sama lain. Bukan hanya Hankook, tapi juga kepada banyak perusahaan lainnya," sebutnya.

"Saya akan banyak belajar dan bekerja keras juga untuk terus berkembang, tidak hanya untuk perusahaan tapi juga untuk Bea Cukai," pungkas Cho Yeong Sook.

Penulis    : Bambang

Editor      : Udiens

Publisher : Syafika Auliya

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Jember- Bupati Jember Hendy Siswanto melaksanakan program Jember Bershodaqoh (J-Bershodaqoh) di Kecamatan Balung yang meliputi 8...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, membagikan ilmu jurnalistik kepada puluhan...

MEMOonline.co.id, Padang- Hafiz Rahman Hakim atau yang lebih dikenal Hafiz adalah seorang travel content creator asal Indonesia yang lahir di...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Pembangunan Kantor baru gedung DPRD Sumenep, Madura, Jawa Timur, yang peletakan batu pertamanya dilkukan pada 21 Agustus...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Ramadhan berkah, Serikat Media siber Indonesia (SMSI) Kabupaten Sumenep berbagi takjil puasa untuk para abang becak dan...

Komentar