Resmi Dilantik, KPU Sumenep Minta 1.002 PPS Terpilih Jaga Kode Etik Pemilu

Foto: Ketua KPU Sumenep mengambil sumpah anggota PPS terpilih di Gedung Graha Adi Poday, Selasa (24/1/2023).
1555
ad

MEMOonline.co.id. Sumenep - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep melantik 1.002 anggota PPS dari 330 desa dan 4 kelurahan se-Kabupaten Sumenep di Gedung Graha Adi Poday, jalan Trunojoyo, desa Kolor, Kecamatan Kota Sumenep, Selasa (24/1/2023).

Dalam sambutannya, Ketua KPU Sumenep Rahbini mengucap syukur melihat kesadaran berdemokrasi masyarakat cukup tinggi terbukti pendaftar PPK hingga PPS melebihi ekspektasi.

" Alhamdulillah minat masyarakat untuk mensukseskan Pemilu sangat luar biasa. Melihat pendaftar PPS sampai 3.994," ungkapnya.

Ketua KPU mengemukakan, para anggota PPS merupakan putra putri terbaik yang siap mengawal demokrasi. Sebab telah melalui berbagai proses rekruitmen dari pendaftaran, tes tulis, wawancara sampai pengumuman penetapan.

Untuk itu pihaknya berharap sebagai penyelenggara Pemilu, dibutuhkan anggota yang memiliki mental dan fisik yang kuat untuk mengawal mensukseskan Pemilu.

"Setelah dilantik para PPS segera merapatkan barisan dengan kepala desa dan perangkat desa untuk segera memulai pekerjaan," imbuhnya.

Rahbini menambahkan setelah pelantikan, anggota PPS terpilih diminta untuk mempersiapkan diri dalam rekruitmen Panitia Pendaftaran Pemilih (Pantarlih) yang lanjut di lantik 6 Februari 2023.

Nantinya juga dibutuhkan sekitar 3.258 petugas pemutakhiran data. Banyaknya per-desa tergantung pada luas geografis desa masing-masing.

Menurutnya, pada prinsipnya KPU adalah penyelenggara Pemilu untuk melayani pemilih. Pemilih harus memiliki kesadaran berpolitik. Untuk mendapatkan informasi penting tentang partai politik. Sebab itu KPU bersama PPK dan PPS harus saling bersinergi.

Sebut Rahbini, anggota PPS yang baru dilantik harus menjaga kekompakan sesuai dengan pakta integritas yang terletak pada tanggung jawab, serta bekerja secara profesional dan menjaga kode etik Pemilu.

Sementara itu Bupati Sumenep Achmad Fausi yang turut hadir dalam pelantikan PPS 2024 mengucapkan selamat atas terpilihnya para anggota PPS. Diharapkan para anggota memiliki integritas yang baik.

"Selamat untuk anggota PPS yang telah dilantik. Semoga nanti dapat bekerja secara professional serta mampu memiliki integritas yang baik," ucap Bupati.

Pihaknya juga mengingatkan agar segera melakukan kordinasi dengan bawaslu tingkat desa agar Pemilu yang aman dan damai bisa tercapai.

Penulis      :    Gita Larasati

Editor        :   Udiens

Publisher  :  Syafika Auliyak

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Sumenep- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep melalui Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A)...

MEMOonline.co.id, Lumajang- Lembaga Bantuan Hukum Muhammadiyah Kabupaten Lumajang, resmi melaporkan sebuah akun sosial media ke Polres Lumajang, Rabu...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) mengadakan...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) akan segera...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Sumenep telah memulai proses penyusunan Rencana Pembangunan...

Komentar