Mengawali Titik Kebangkitan UMKM di Sumenep, Pemdes Pabian Gelar Festival 'Jaga Jaggur'

Foto: Suasana kegiatan Festival 'Jaga Jaggur' di Desa Pabian Sumenep
1110
ad

MEMOonline.co.id. Sumenep - Sebagai titik awal kebangkitan UMKM Sumenep dalam upaya peningkatan potensi usaha lokal berwawasan kearifan lokal, Pemerintah Desa Pabian, Kecamatan Kota, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, menggelar Festival 'Jaga Jaggur' yang dijadwalkan berlangsung sejak tanggal 15-17 Agustus 2022.

Kepala Desa Pabian, Zulfikar Ali Mustakim, SE. mengatakan jika acara yang digelar di plataran Kantor KONI Sumenep ini, merupakan hasil kerjasama Pemerintah Desa Pabian, Komunitas Kopi Sumenep dan Sumenep Tempo Dulu (STEDU).

"Beragam kegiatan disajikan dalam acara ini, kegiatan utamanya adalah UMKM lokal yang menghadirkan 8 brand clothing & marchandise, serta 16 brand food and beverage," katanya.

Selain menghadirkan kegiatan pameran brand lokal lanjut Pihak Zulfikar Ali Mustakim, panitia akan menggelar Pabian Heritage Distric (PHD) yakni sebuah acara yang didasarkan pada sejarah Desa Pabian yakni saksi bisu perubahan Sumenep mulai dari era kolonial, pendudukan Jepang hingga masa awal kemerdekaan.

"Dalam Pabian Heritage Districk (PHD) tersebut, dikemas Heritage Talk yakni ajang diskusi untuk menyelami lebih lanjut sejarah Desa Pabian dan peristiwa-peristiwa penting yang terjadi di Desa Pabian dari waktu ke waktu," paparnya.

Selain itu akan ada Heritage Track, sebuah acara yang akan mengajak para peserta mengenal bangunan-bangunan bersejarah di Desa Pabian dalam bentuk City Tour.

Tidak hanya mengenalkan bangunan bersejarah yang ada di Desa Pabian, namun peserta akan diajak melihat sejarah dan perubahan fungsi bangunan bersejarah yang terdapat di Desa Pabian.

"Diharapkan dengan acara ini, dapat meningkatkan potensi pengusaha lokal dan potensi ekonomi daerah," tutupnya.

Penulis      :    Alvian

Editor        :   Udiens

Publisher  :  Syafika Auliyak

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

Memoonline.co.id.  Sampang - Untuk menekan peredaran rokok ilegal, Tim Satgas Penanganan Rokok Ilegal Kabupaten Sampang, Madura, Jawa...

MEMOonline.co.id, Pamekasan - Suporter Madura United bersama dengan berbagai elemen masyarakat di Pamekasan juga turut menyampaikan rasa...

MEMOonline.co.id. Sumenep - Komisi IV DPRD Sumenep, Madura, Jawa Timur, dipenuhi isak tangis dan linangan air...

MEMOonline.co.id. Sumenep - Sebanyak 1.238 tenaga kesehatan (nakes) dan non nakes di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa...

MEMOonline.co.id, Pamekasan - Tragedi Kanjuruhan Malang begitu menghentak. Publik pun tercekat dan...

Komentar