Sampah 300 Meter Lebih di Sepanjang Kali Srengseng Hilir Dibersihkan UPTD II DLH Kabupaten Bekasi

Foto: Giat UPTD II DLH Kabupaten Bekasi
1320
ad

MEMOonline.co.id. Bekasi - Tumpukan sampah sepanjang lebih 300 meter di Kali Srengseng Hilir atau tepatnya di Kp. Galian RT 009 RW 09 Desa Jayabhakti pada hari ini, Rabu (3/8/2022) telah dilakukan upaya pembersihan.

Dengan mengerahkan satu Ekskavator atau mesin pengeruk dan 15 unit mobil pengangkut, Sumardi Kepala UPTD II DLH Kabupaten Bekasi memimpin langsung pembersihan dan pengangkatan tumpukan sampah di Kali yang berbatasan langsung dengan Desa Sukakerta Kecamatan Sukawangi tersebut.

"Terlihat mudah pada awalnya," ucap Sumardi Kepala UPTD II DLH Kabupaten Bekasi saat dilokasi, Rabu, (3/8/2022) pagi

"Namun karena badan tanggul yang semakin sempit disertai banyaknya tiang dan kabel listrik yang menyulitkan alat pengeruk lewat, akhirnya kami menerjunkan tim inti untuk turun langsung ke Kali," ungkap Sumardi.

"Timbberanggotakan 11 personel yang kami namakan Team Biawak ini, diterjunkan ke kali untuk bantu mendorong sampah yang tidak terjangkau oleh ekskavator," terang Sumardi.

Memang beberapa hari sebelumnya, lanjut Sumardi, pihaknya telah dihubungi oleh Ketua PGR Ustadz Jejen yang memintanya untuk segera dilakukan pembersihan.

"Sebab ada beberapa desa di aliran Kali Srengseng Hilir yang sudah tanam padi berusia 15-17 hari dan sangat membutuh pasokan air untuk bagusnya tanaman padi," jelas Sumardi.

"Dan hari ini sudah lebih dari 50 ton sampah diangkat dan dibawa ke TPA Burangkeng," tukas Sumardi.

"Sampah didominasi oleh sampah rumah tangga. Bahkan karung-karung berisi bulu ayam pun ada. Belum pampers, stereofoam, botol dan plastik bungkus diterjem dll," sungut Sumardi.

"Ditambah eceng gondok, kangkungan dan tanaman air lainnya yang semuanya menyebabkan sedimentasi. Untuk itu pihaknya menghimbau kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah disembarang tempat utamanya di Kali," pungkas Sumardi.

Penulis      :    Bambang

Editor        :   Udiens

Publisher  :   Satrio Pininggit

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id. Sumenep - DPRD Sumenep, Madura, Jawa Timur menggelar sidang paripurna Istimewa, Selasa (16/8/2022)....

MEMOonline.co.id. Bekasi - Jika pemerintah tidak menindak tegas dan tidak memberikan sanksi hukum yang berat kepada perusahaan...

MEMOonline.co.id. Lumajang - Upaya Satresnarkoba Polres Lumajang Jawa Timur dalam menekan peredaran sabu, bukan sekedar...

MEMOonline.co.id. Sumenep - Dalam rangka mewujudkan kepeduliannya pada petani, Pemerintah Kabupaten Sumenep,...

MEMOonline.co.id. Sampang - Bupati Sampang H Slamet Junaidi bersama Wabup Sampang H. Abdullah Hidayat bersama...

Komentar