Pemkab Pamekasan Gagas Program Sip Pak Kades, untuk Percepat Pelayanan Dibidang Administrasi Kependudukan

Foto : Pemerintah Kabupaten Pamekasan.
1351
ad

MEMOonline.co.id. Pamekasan - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur meresmikan program sistem pelayanan administrasi kependudukan di tingkat desa (Sip Pak Kades) se kabupaten bertempat di Balai Desa Kecamatan Palengaan, Rabu (27/7/2022).

Peresmian tersebut dibuka langsung Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam.

Baddrut Tamam mengungkapkan, adanya program Sip Pak Kades ini merupakan wujud komitmen pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat di bidang administrasi kependudukan.

Pasalnya, masyarakat mulai hari ini tidak harus lagi datang ke kantor Dispendukcapil untuk mengurus administrasi kependudukannya.

Menurut Baddrut Tamam, di era revolusi industri 4.0 menuntut pemerintahan bekerja cepat, dan tepat, sehingga cara kerja lama yang tidak produktif akan menghambat upaya percepatan pembangunan di daerah tersebut.

Selain itu, Ia juga menyampaikan program Sip Pak Kades merupakan salah satu bentuk komitmen Pemkab Pamekasan mewujudkan excelent service kepada masyarakat sebagai turunan dari program reformasi birokrasi.

"Ini bagian dari inovasi yang kita kolaborasikan dan kita kerja samakan antara Pemkab Pamekasan dengan seluruh stakeholder, camat, kades, dan kita semua untuk memberikan service yang baik kepada seluruh elemen masyarakat, penyandang disabilitas, orang tua, sebagai bagian dari service yang diberikan oleh kita," kata Bupati Baddrut Tamam.

Ia juga mengajak setiap desa melakukan inovasi program untuk kemajuan desanya. Seperti pengelolaan badan usaha milik desa (BUMDes) yang profesional atau kegiatan lain yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di tingkat desa.

Turut hadir pada peresmian tersebut, Bupati Pamekasan, Kepala Dispendukcapil Pamekasan, Achmad Faisol, Asisten Pembangunan dan Kesra, Sigit Priyanto, perwakilan DPMD Jawa Timur, Edward Noviansyah, camat di 13 kecamatan, dan perwakilan kepala desa, serta disaksikan oleh masyarakat Desa Rek Kerrek.

Launching Sip Pak Kades ini juga dikemas dengan Gerakan Peduli Disabilitas dan Pemberian Santunan hasil kerja sama antara DMPD beserta Pemerintah Desa Rek Kerek.

Terpisah, Kepala Desa Rek Kerrek, Moh. Fadil menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Pamekasan, utamanya Bupati Baddrut Tamam yang telah menggagas program yang sangat bermanfaat kepada masyarakat.

Sebab, warganya tidak harus datang ke kantor DPMD untuk mengurus dokumen kependudukannya.

"Saya sampaikan terima kasih pak bupati atas program ini, ini sangat membantu kami di desa dalam memberikan pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat," syukurnya.

Penulis      :    Wildan

Editor        :   Udiens

Publisher  :   Satrio Pininggit

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Sumenep- Gara - gara bantaran sebuah sungai yang ada di Desa Kebonagung, Kecamatan Kota, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur...

MEMOonline.co.id, Lumajang- Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang, resmi mengoperasikan sarana WiFi Publik di seputaran Alun - Alun...

MEMOonline.co.id, Sampang- M Inisial, seorang mucikari asal desa Taddan, Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur ditangkap jajaran...

Bersama ini saya ijin menyampaikan keluhan masyarakat sekitar pasar induk Cibitung Kabupaten Bekasi, bahwa sudah lebih dari 3 bulan sampah di...

MEMOonline.co.id, Kota Bekasi- Silaturahmi Pemerintah Kota Bekasi bersama para insan pers di Pendopo Walikota Bekasi diawali dengan acara buka puasa...

Komentar