Menjelang Hari Raya Idul Adha, DKPP Pamekasan Siap Berikan Rekom Hewan Sehat

Foto : Kepala Bidang Kesehatan Hewan DKPP Kabupaten Pamekasan.
1079
ad

MEMOonline.co.id. Pamekasan - Hari Raya Idul Adha merupakan momen yang identik dengan pemotongan hewan kurban. Namun Idul Adha tahun 2022 ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya.

Hari Raya Idul Adha kali ini masyarakat dibuat waswas dan kwatir, lantaran hewan sapi yang kerap dijadikan kurban sedang diserang PMK.

Namun masyarakat dihimbau untuk tidak waswas dan kwatir, hewan yang akan dijadikan kurban dapat dipastikan sehat.

Untuk itu Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Pamekasan, siap memberikan surat keterangan sehat untuk hewan yang akan dijadikan kurban.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan DKPP Pamekasan, Slamet Budi Harsono mengatakan, DKPP siap memeriksa hewan yang akan dijadikan kurban sebelum dipotong dan dibagikan ke penerima daging kurban.

"Kami (Red) akan memeriksakan artemortem dari hewan kurban tersebut sebelum dipotong, jadi hewan yang akan dipotong sudah benar benar sehat," jelas Budi kepada MEMOonline.co.id. Kamis (30/6/2022).

Budi melanjutnya, nantinya panitia kurban dapat memastikan bahwa daging yang dibagikan merupakan daging sehat, karena sudah diperiksa sebelumnya.

Disisi lain, ia menghimbau kepada para masyarakat atau panitia kurban jika ingin mendatangkan hewan kurban minimal H-2 supaya tidak tertular PMK.

"Jadi Jangan mendatangkan sapi jauh-jauh hari, untuk menghindari penyebaran PMK. Juga PMK ini tidak menular terhadap manusia, jadi tidak perlu khwatir dan waswas," pungkasnya.

Penulis      :    Wildan

Editor        :   Udiens

Publisher  :   Satrio Pininggit

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id. Sumenep - DPRD Sumenep, Madura, Jawa Timur menggelar sidang paripurna Istimewa, Selasa (16/8/2022)....

MEMOonline.co.id. Bekasi - Jika pemerintah tidak menindak tegas dan tidak memberikan sanksi hukum yang berat kepada perusahaan...

MEMOonline.co.id. Lumajang - Upaya Satresnarkoba Polres Lumajang Jawa Timur dalam menekan peredaran sabu, bukan sekedar...

MEMOonline.co.id. Sumenep - Dalam rangka mewujudkan kepeduliannya pada petani, Pemerintah Kabupaten Sumenep,...

MEMOonline.co.id. Sampang - Bupati Sampang H Slamet Junaidi bersama Wabup Sampang H. Abdullah Hidayat bersama...

Komentar