Madura United Gandeng Mayapada Hospital Menyambut Turnamen Pra-Musim 2022

Foto: Pemeriksaan kesehatan tim Madura United
2771
ad

MEMOonline.co.id. Jakarta - Madura United FC sebagai klub Sepakbola profesional Liga 1 Indonesia telah menggandeng Mayapada Hospital Jakarta Selatan untuk meningkatkan performa atlit dalam menyambut Turnamen Pra-Musim 2022.

Mayapada Hospital Jakarta Selatan adalah merupakan pusat pelayanan kesehatan yang memiliki Sports Injury Treatment & Performance Center (SITPEC), suatu pusat pelayanan terintegrasi dan menyeluruh yang terdiri dari multi Spesialis seperti Orthopedi Konsultan Sport Medicine, Spesialis Kedokteran Olahraga, Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi, Tim Fisioterapi Olahraga, dan Rehabilitasi Medik.

"Pemeriksaan kesehatan dilakukan kepada semua atlet sebagai syarat mengikuti Turnamen Pra-Musim 2022 sebagai pemanasan menjelang Gelaran Liga 1 yang akan dilaksanakan oleh PSSI dan PT. Liga Indonesia pada akhir Juli 2022".

"Pemeriksaan kesehatan yang akan diikuti oleh 35 anggota klub Madura United FC secara kompreshensif ini akan ditangani langsung oleh dr. Taufan Favian Reyhan Sp.KO selaku dokter spesialis Kedokteran Olahraga di Mayapada Hospital Jakarta Selatan beserta tim".

"Bagi atlit olahraga, tidak terkecuali pemain sepakbola, kondisi tubuh yang benar-benar fit dan prima akan menentukan kelancaran pertandingan, disamping skill yang mumpuni," sebut Official Tim Madura United melalui press releasenya yang diterima memoonline.co.id, Kamis (2/6/2022).

Hal ini lah yang menjadikan dasar pemeriksaan kesehatan ini sangat penting untuk menjaga performa. Standar pemeriksaan dan tes medis pun mengikuti standar FIFA yang meliputi tes laboratorium lengkap, tes irama jantung dan pembuluh darah, pemeriksaan muskuloskeletal tubuh serta pemeriksaan fleksibilitas tubuh," tambahnya.

Sementara Dr.Benny H. Tumbelaka, Sp.OT, MHKes, MARS, selaku Hospital Director Mayapada Hospital Jakarta Selatan mengatakan, “Kami berterima kasih kepada Madura United FC bahwa Sports Injury Treatment & Performance Center (SITPEC) Mayapada Hospital Jakarta Selatan dipercayakan kembali oleh Klub Sepakbola Profesional Liga 1 Indonesia untuk ambil bagian dan mendukung para atlit sepakbola yang akan mengikuti Pra Musim 2022 ini".

"SITPEC, merupakan layanan yang mengakomodir program kebugaran bagi pasien yang sudah aktif berolahraga namun ingin meningkatkan performa serta ketahanan fisik dalam olahraga dibawah pengawasan ketat oleh dokter multispesialis," ujarnya.

“Persiapan para atlit termasuk di dalamnya pemeriksaan kesehatan komprehensif serta rekomendasi dari tim kedokteran olahraga kami, diharapkan dapat mampu untuk mengantar para atlit tampil prima, minimalisir resiko dan potensi cedera serta memberikan performa terbaik mereka selama pertandingan,” tutup Dr. Benny.

Sementara dr. Taufan Favian Reyhan Sp.KO selaku dokter spesialis Kedokteran Olahraga di Mayapada Hospital Jakarta Selatan mengatakan bahwa pemeriksaan yang kami lakukan didasarkan pada pemeriksaan PCMA terstandardisasi FIFA, yang merupakan dasar internasional bagi pemeriksaan kesehatan pesepakbola.

"Di Mayapada Hospital Jakarta Selatan, kami melengkapi pemeriksaan tersebut dengan pemeriksaan lain berupa tes fungsional untuk makin memantapkan kondisi pemain fit secara fisik," jelasnya.

"Pemeriksaan fungsional yang kami lakukan terdiri dari pemeriksaan kualitas gerak mulai dari otot core, hip, lutut, hingga pergelangan kaki yang menunjang pemain sepakbola dalam bergerak," tambahnya.

Pemeriksaan muskuloskeletal, lanjut dr. Taufan, merupakan salah satu bagian dari pemeriksaan fisik yang terdapat di PCMA. Terdiri dari pemeriksaan ruang gerak dan stabilitas otot sendi tubuh.

"Pemeriksaan ini penting dilakukan untuk menilai apakah pemain memiliki riwayat cedera atau kondisi yang menjadikan risiko cedera bagi pemain di kemudian hari," ungkapnya.

Begitu pula dengan Fabio Araujo Lefundes, selaku Head Coach Madura United FC yang mengatakan bahwa atlit sepakbola dituntut untuk tidak hanya melatih tehnik, tetapi juga perlu untuk melatih ketangkasan (performance) dan ketahanan permainan (endurance).

"Tubuh yang fit dan prima akan mengantarkan para atlit kami untuk memberikan performa terbaik dalam Turnamen Pra-Musim 2022," terang Fabio.

Untuk itu, tegas Fabio, kami mempercayakan Sports Injury Treatment & Performance Center (SITPEC) Mayapada Hospital Jakarta Selatan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan menyeluruh serta kesiapan fisik para atlit kami selain untuk memenuhi persyaratan Medical Check Up Turnamen Pra Musim 2022 serta melatih untuk peningkatan performance dan endurance.

"Kami senang bahwa SITPEC Mayapada Hospital Jakarta Selatan didukung oleh tim kedokteran olahraga yang mumpuni dan mempunyai kredibilitas yang baik,” tukasnya.

Begitu juga diceritakan oleh Bayu Gatra Sanggiawan sebagai pemain yang sempat mengalami cedera dan operasi ACL di kaki kanan pada tahun 2010.

"Alhamdulilah sekarang sudah pulih seperti sediakala. Pemeriksaan kesehatan pada hari ini sangat baik sekali dilakukan untuk mengantisipasi cedera dan resiko lainnya, terlebih saya berada di tangan yang tepat yaitu tim Spesialis Kedokteran Olahraga Mayapada Hospital Jakarta Selatan," syukurnya.

"Semoga dengan pemeriksaan ini bisa mengantar saya bermain maksimal membela Madura United FC," pungkasnya.

Penulis      :    Bambang

Editor        :   Udiens

Publisher  :  Isma

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Jember- Masyarakat Kabupaten Jember wilayah Kecamatan Jombang tepatnya di Desa Padomasan yang ramai di 'MEDSOS' mengeluhkan...

MEMOonline.co.id, Jakarta- Ibnu Syahdan atau yang lebih dikenal Ibnu adalah seorang content creator asal Indonesia yang lahir di Jakarta. ia cukup...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Selain menggelar Festival Layangan LED 2024, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep melalui Dinas Kebudayaan Kepemudaan...

MEMOonline.co.id, Bangkalan- Madura United sudah kembali mulai berlatih sejak Jum'at (12/4/2024) kemarin sebagai persiapan melakoni laga tandang...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Mungkin tidak banyak yang tahu jika gelaran Festival Layangan LED 2024 (Night Kite Fest), yang digelar Pemerintah...

Komentar