Pasca Erupsi, Forkopimda Lumajang Kembali Perkuat Pundi Percepatan Vaksinasi

Foto: Dandim 0821 Lumajang Letkol Inf Andi A Wibowo S.Sos M.I.Pol saat diwawancarai awak media.
379
ad

MEMOonline.co.id. Lumajang  - Jajaran Forkopimda Kabupaten Lumajang, menggelar rapat kordinasi membahas upaya percepatan program vaksinasi di wilayah melibatkan Dinas Kesehatan, Dinas Kependudukan dan Forkopimcam se-Kabupaten Lumajang, di markas Komando Distrik Militer 0821, Selasa (28/12/2021).

Dandim 0821 Letkol Inf Andi A Wibowo S.Sos M.I.pol saat itu turut menyampaikan, tingkat capaian vaksinasi di wilayahnya yang sempat menurun, saat terjadinya bencana alam Erupsi Gunung Semeru. Sebelumnya, selangkah lagi capaian akan masuk pada level 1 dari capaian selama satu bulan sebelum Erupsi meningkat 10%, dengan grafik rincian prosentase 50% naik ke 60%, dengan total angka 15 ribu per hari, kemudian lansia 8 ribu perhari.

Akan tetapi seiring berjalan waktu, fokus terbelah terjadinya Eruspi Gunung Semeru. Capaian menurun, dalam kurun waktu lebih tiga minggu, capaian hanya naik 3% dari 60% ke 63%.

"Jadi sangat jauh," kata Dandim.

Menyikapi hal itu, Dandim berkesimpulan, bersama Forkopimda melibatkan dinas kependudukan akan mengkaji data dengan sumber data nama penduduk yang tercatat belum vaksin.

"Dengan dinas kependudukan nantinya kita gerak, by data by name. Siapa yang di KK itu belum terdata vaksinasi. Jadi di dalam mencari data tidak terlalu sulit. Harapannya percepatan bisa maksimal," terang Dandim.

Ia mengakui, akhir 2021 ini seharusnya capaian sudah 70%. Mungkin jika per akhir Desember ini kita tidak 70%, tapi maksimal dalam tiga hari ini minimal tiap hari capaian bisa 13 ribu, dengan kembali mengerahkan kekuatan dimana status tanggap bencana sudah berakhir.

"Tapi, kata mengerahkan kekuatan itu bukan dalam artian kita sedang mengahadapi musuh. Soal vaksinani ini yang kita hadapi adalah masyarakat kita sendiri. Dengan berbagai cara salah satunya pendekatan, mungkin kita gali ketidak pahaman masyarakat tentang vaksin itu kita lakukan sosialisasi agar selanjutnya bisa paham. Memaparkan dengan seksama, termasuk agar tidak terbawa kabar hoax," ulas Dandim memaparkan.

Disisi lain, orang nomer satu di Kodim 0821 Lumajang itu berpesan pada warga, agar tidak ragu pada vaksin. Menurutnya, vaksin itu baik. Kendati mengumpamakan andai terpapar Covid - 19, tubuh akan memiliki daya tahan yang kuat. Terlebih meminimalisir tingkat penyebarannya.

Selanjutnya ia turut menegaskan pada Danramil jajaran, untuk senantiasa berafiliasi dengan stakeholder terkait berikut dengan tin kesehatan di setiap puskesmas, untuk mendorong percepatan program vaksinasi.

Penulis      :   Hermanto

Editor        :   Udiens

Publisher :   Isma

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Lumajang- TNI - POLRI turun tangan dengan cepat untuk membantu membersihkan rumah warga yang terdampak tanah longsor. Kejadian...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Pelaksanaan Kalender Event yang digelar Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur melalui Diaspora setempat,...

MEMOonline.co.id, Lumajang- Ngatmini (50) warga Dusun Sriti Desa Sumber Urip Pronojiwo Lumajang, dievakuasi petugas gabungan TNI Polri dibantu warga...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Ketua DPRD Sumenep, Madura, Jawa Timur, Abdul Hamid Ali Munir, mengajak seluruh masyarakat memanfaatkan Ketua DPRD...

MEMOonline.co.id, Trenggalek- Bima Wahyu Syahputra atau yang lebih dikenal Bima adalah seorang travel content creator asal Indonesia yang lahir di...

Komentar