Sekitar Delapan Orang Korban Semeru Terjebak Di Area Tambang, Sempat Kirim Video Minta Tolong Saat Ini Hilang Kontak

Foto : Wabup Lumajang, saat menyampaikan permohonan pada Ka. BNPB melalui video conference
1688
ad

MEMOonline.co.id, Lumajang  - Sembari merintih, Wakil Bupati Lumajang Indah Ampera Wati memohon kepada Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB ) Mayor Jenderal TNI Suharyanto, agar jika situasi memungkinkan, segera mengirimkan bantuan helikopter, untuk membantu proses evakuasi korban erupsi Gunung Semeru melalui jalur udara, Sabtu malam (4/12/2021).

Melalui saluran video conference, Wabup melaporkan bahwa, di Kampung Renteng Desa Sumberwuluh yang mana merupakan area tambang pasir, ada sekira 8 orang terjebak.

Sementara untuk melakukan pertolongan, pihaknya terkendala medan yang sulit, ditambah putusnya jembatan / geladak perak sebagai sarana penghubung berikut pepohonan yang tumbang.

"Di Desa Sumberwuluh, itu ada namanya Kampung Renteng dan itu adalah area tambang. Juga di sekitar sana di Besuk namanya, itu ada 2 orang yang hilang sampai sekarang belum bisa ditemukan. Dan ada sekitar 8 orang yang terjebak di kantor pemilik tambang. Kami tidak bisa menghubungi, karena hp-nya tidak bisa dihubungi, tadi sore sempat mengirimkan video minta tolong untuk bisa dibantu, tetapi dan teman-teman relawan tidak bisa, karena lahar panas sudah di sana. Kami menunggu surutnya, mudah-mudahan mereka masih selamat," ungkap Wabup.

Menanggapi itu semua, Kepala BNPB merencanakan besok, bersama tim akan turun ke lokasi bencana. Ia memastikan, jika cuaca memungkinkan, pihaknya akan menerbangkan 2 pesawat helikopter.

"Intinya memang keselamatan rakyat kita ini yang diutamakan. Jadi kalau nanti memungkinkan cuacanya bagus, BNPB juga akan mengerahkan, kalau pakai darat tidak bisa ya pakai heli. Kita siapkan juga 2 unit helikopter, kalau nanti dievakuasi lewat darat tidak bisa untuk yang 8 orang terjebak ini akan kami upayakan untuk bisa dievakuasi. jadi jangan khawatir, kami siapkan," tanggap Kepala BNPB.

Lebih mendetail, terkait ke 8 orang yang terjebak di area tambang itu. Saat ini masih dilakukan himpunan data terkait identitas.

Penulis     :   Hermanto

Editor        :   Udiens

Publisher :   Dafa

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id. Surabaya - Madura United dijadwalkan bersua Persebaya di pertandingan pekan keempatnya dalam kompetisi...

MEMOonline.co.id. Kota Batu - Momen peringatan HUT ke-77 Republik Indonesia (RI) 2022 hanya tinggal hitungan hari saja. Prosesi pengibaran...

MEMOonline.co.id. Pamekasan - Di pekan keempatnya, Madura United akan tandang ke markas Persebaya Surabaya dalam melakoni...

MEMOonline.co.id. Banyuwangi - 12 Agustus 2022, Jawa Dwipa Nusantara resmi di...

MEMOonline.co.id. Lumajang - Kepolisian Resor Lumajang Jawa Timur, bersama Forkopimda Kabupaten Lumajang, menggelar...

Komentar