Yonif 512/QY Menyadarkan Bahwa Batang Pohon Pisang pun Bernilai Ekonomis

Foto: Penyuluhan wirausaha
373
ad

MEMOonline.co.id, Jakarta - Sebagai upaya meningkatkan semangat warga binaan dalam berwirausaha, Dansatgas Pamtas RI - PNG Yonif Mekanis 512/QY Letkol Inf Taufik Hidayat tinjau langsung pembuatan makanan ringan berupa keripik di Kampung Wonorejo Pir IV, Distrik Mannem, Kabupaten Keerom Papua, Senin ( 13/9/2021 ).

Kegiatan industri rumahan yang diadakan di Balai Kampung Wonorejo oleh anggota dari Pos Kotis kali ini adalah pembuatan keripik berbahan dasar batang pohon pisang.

Dansatgas menjelaskan bahwa di sela - sela menjalankan tugas pokok sebagai pasukan pengamanan perbatasan ( Pamtas ), anggota Pos Kotis juga melakukan penyuluhan wirausaha pada warga binaan yang tinggal di perbatasan.

"Penyuluhan tersebut mendapatkan perhatian cukup baik di samping kegiatan - kegiatan lain seperti penyuluhan kesehatan dan rehabilitasi fasilitas umum, " ungkapnya.

Penyuluhan wirausaha rutin yang dilaksanakan di seluruh jajaran Pos Satgas Yonif Mekanis 512/QY memang bertujuan mengajak masyarakat untuk memanfaatkan hasil sumber daya alam yang melimpah tapi belum dikelola dengan baik dan kurang mendapat perhatian.

Berbekal ilmu yang dimiliki sebagian anggota Satgas Pamtas maka diadakan penyuluhan wirausaha tentang devertifikasi pengelolaan hasil perkebunan menjadi produk makanan siap saji.

"Dengan telah diadakannya penyuluhan ini diharapkan dapat membantu masyarakat setempat mendapatkan nilai tambah dalam segi perekonomian," ujarnya.

Dansatgas berharap kegiatan tersebut dapat memotivasi masyarakat lebih terampil dalam berkreasi memanfaatkan bahan - bahan yang ada di sekitar lingkungannya, untuk diolah menjadi produk - produk makanan siap saji yang lebih menarik dan mudah untuk dipasarkan.

Warga Kampung Wonorejo pun sangat antusias dengan kegiatan wirausaha yang digelar sebab sangat bermanfaat serta menambah wawasan baru bagi mereka.

Penulis: Dispenad / Bambang

Editor: Udiens

Publisher: Dafa

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Sumenep - Melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu...

MEMOonline.co.id, Lumajang - Sebanyak 1753 buruh tani tembakau dan buruh pabrik rokok di Kabupaten...

MEMOonline.co.id, Jakarta - Laga Madura United FC versus PSIS Semarang yang akan digelar di Stadion Wibawa Mukti Bekasi...

MEMOonline.co.id, Probolinggo - Puluhan pemilik kapal yang tergabung dalam HNPP (Himpunan Nelayan dan Pengusaha Perikanan ) Samodra...

MEMOonline.co.id, Probolinggo - Tawuran sekelompok pemuda tersebut terjadi di Bundaran Gladak Serang Kecamatan Kanigaran Kota...

Komentar