Sosok Penting Dibalik Sukses Pengibaran Bendera Merah - Putih Terbesar di Udara Pemecah Rekor MURI

Foto: Aksi pengibaran bendera merah - putih di udara
555
ad

MEMOonline.co.id, Jakarta - Dalam rangka peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-76 Kopassus berhasil memecahkan rekor MURI sebagai pengibar 'Bendera Merah Putih Terbesar di Udara'.

Bendera merah-putih berukuran 22 meter × 33 meter yang berhasil dibentangkan di atas ketinggian 8000 kaki pada April 2016 oleh Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI AD dibuat untuk memeriahkan HUT Kopassus ke - 64.

Kala itu, penerjunan dilakukan dari lapangan udara (Lanud) Suparlan Pusdiklatpassus Kopassus, Batujajar, Bandung, Jawa Barat.

Adalah Kolonel Inf. Yudha Airlangga yang pada saat itu sebagai Komandan Satgultor 81 Kopassus merupakan sosok sentral dalam keberhasilan tim penerjun Kopassus dalam pemecahan rekor MURI tersebut.

Kolonel Yudha juga yang memimpin regu penerjunan yang diikuti oleh dua perwira Kopassus lainnya yakni Kolonel Inf Ignatius Dedy sebagai Komandan Pusdikpassus serta Mayor Inf Andy Afandi sebagai Komandan Sekolah Para Pusdikpassus.

Adapun penerjun terbaik yang terpilih menjadi penerjun pembawa kontainer bendera merah putih seberat 86 kilogram tersebut adalah Sertu Tedi M Romdhon (30).

Untuk diketahui, pada 1 April 2016 sebuah Pesawat Casa A-9146 mulai terbang pukul 09.00 WIB. Penerjun dokumentasi dan pengawal pun ikut terjun mengiringi Tedi.

Aksi penerjunan disaksikan oleh Brigadir Jenderal TNI Santos G Matondang, yang kala itu menjabat Wadanjen Kopassus serta perwakilan MURI dan FASI.

Terdengar riuh tepuk tangan mereka yang melihatnya saat bendera berkibar di udara dikibarkan sekitar pukul 9.15 WIB di atas langit biru nan cerah. Sekitar 10 menit penerjun meliuk - liuk di udara sambil membawa bendera.

Terlihat pula aksi penerjun indah lainnya melakukan atraksi canopy yaitu membentuk susunan penerjun sebanyak 5 orang dengan formasi ular.

Di atas ketinggian 700 kaki, bendera dan bandulnya pun dilepas untuk alasan keamanan dan memberi waktu untuk penerjun dapat melakukan pendaratan dengan aman.

Seluruh penerjun sukses mendarat mulus dan bendera yang dilepas langsung diamankan untuk dibawa ke lapangan. Setelah itu bendera ditidurkan untuk diukur dan diverifikasi oleh MURI.

Ngadri, Senior Manajer MURI menyatakan telah memverifikasi pemecahan rekor MURI ini.

"Dengan bangga kami telah menyaksikan dan memverifikasi penerjunan membawa bendera merah-putih terbesar ini yang berhasil dipecahkan oleh Kopassus," ungkap Ngadri.

Setelah dihitung ternyata bendera yang dibawa berukuran 22,25 meter X 33,25 meter.

Piagam dari MURI pun diberikan pada saat peringatan HUT ke - 64 Kopassus.

Dan saat ini, Kolonel Inf Yudha Airlangga menjabat sebagai Asisten Operasi Kasdam VI/Mulawarman yang juga terlibat dalam latihan bersama (Latma) terbesar TNI AD - US Army Garuda Shield 15/2021 di Amborawang sebagai Supervisi Bidang Operasi Latma Garuda Shield 15/2021 yang dilaksanakan di Kodam VI/Mulawarman.

Penulis: Dispenad / Bambang

Editor: Udiens

Publisher: Dafa

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Sumenep - Melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu...

MEMOonline.co.id, Lumajang - Sebanyak 1753 buruh tani tembakau dan buruh pabrik rokok di Kabupaten...

MEMOonline.co.id, Jakarta - Laga Madura United FC versus PSIS Semarang yang akan digelar di Stadion Wibawa Mukti Bekasi...

MEMOonline.co.id, Probolinggo - Puluhan pemilik kapal yang tergabung dalam HNPP (Himpunan Nelayan dan Pengusaha Perikanan ) Samodra...

MEMOonline.co.id, Probolinggo - Tawuran sekelompok pemuda tersebut terjadi di Bundaran Gladak Serang Kecamatan Kanigaran Kota...

Komentar